• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Ak 1 SMK N 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    9. NASKAH PUBLIKASI OKI.pdf (124.8Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Sulistyarini, Oki Erfana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK 1 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini merupakan jenis data kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat dan skema. Subyek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas X AK1 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada lima tahap yaitu permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK1 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan sebelum adanya tindakan, prosentase kemampuan berpikir kritis siswa hanya sebesar 35,65%, sedangkan setelah adanya tindakan siklus I kemampuan berpikir kritis siswa terlihat mengalami peningkatan mencapai 57,86% dan setelah tindakan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan hingga menjadi 83,78%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8877
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV