• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Kebijakan Full Day School terhadap Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    13. Artikel Publikasi bismillah ACC.pdf (58.67Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Suranto, S.
    Seftiana, S.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan kebijakan full day school dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat penerapan kebijakan full day school dan perananya kebijakan full day school terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek pengelola full day school, guru ekonomi kelas X full day school dan siswa kelas X ful day school MAN 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kebijakan full day school dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa di MAN 1 Surakarta adalah sebagai berikut: (a) Kurikulum yang diterapkan di MAN 1 Surakarta adalah kurikulum 2013 yang dikembangkan menjadi berbasis laboratorium dimana ada kegiatan life skill yang diterapkan secara integral. (b) Menjalin kerja sama dengan lingkungan sekitar dalam program pembelajaran serta melibatkan siswa dalam interaksi sosial seperti: kegiatan kunjungan ke perguruan tinggi, primagama, GO, smartgama dan lembaga bahasa inggris. (2) Faktor pendukung penerapan kebijakan full day school di MAN 1 Surakarta adalah SDM yang sudah cukup memadai serta adanya keterpaduan anatara sekolah, orang tua dan lingkungan. Faktor penghambat penerapan kebijakan full day school di MAN 1 Surakarta adalah kurangnya sarana dan prasarana seperti ruang kelas dan belum adanya laboratorium untuk kelas IPS. (3) Peran kebijakan full day school terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Surakarta adalah terlihat dari peningkatan nilai siswa setiap semester. Dengan demikian penerapan kebijakan full day school memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8887
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV