• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Budaya Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    i6.pdf (288.5Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Shohibah, Rizqiyatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu program yang diagendakan adalah siswa diwajibkan membaca buku nonpelajaran 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar, dengan demikian diharapkan siswa senang membaca sehingga budaya literasi terwujud. Namun, menanamkan budaya literasi kepada siswa, yang notabene anak-anak tidaklah gampang. Selain sekolah juga diperlukan peran orang tua untuk membentuk budaya literasi anak. Jadi, sebenarnya salah satu kunci gemar baca dan tulis juga tergantung peran aktif orang tua. Karena Orang tua adalah pemegang tombak terpenting untuk memberikan stimulasi-stimulasi yang penting bagi perkembangan literasi anak dan orang tua juga sebagai sosok yang paling dekat dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam perkembangan literasi pada anak usia sekolah dasar. Dalam penelitian ini peran orangtua dilihat dari penyediaan fasilitas, kualitas interaksi yang dilakukan dan kebiasaan orangtua/keluarga. Jadi, untuk mengembangkan budaya literasi pada anak usia sekolah dasar sangatlah di perlukan pembelajaran yang tidak monoton seperti penyediaan fasilitas yang bervariasi, menarik yang dapat digunakan untuk bermain dan merangsang minat serta keterampilan literasi anak. Selain itu, kesadaran orangtua dalam mengajarkan literasi sejak dini dan kepekaan orangtua dalam menangkap ketertarikan/ ketidaktertarikan anak dalam proses pembalajaran merupakan hal yang penting sebagai bekal orangtua dalam mengajarkan literasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8905
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV