• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Audio Visual Cagar Budaya Candi Sukuh untuk Meningkatkan Minat, Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    i29.pdf (341.3Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Setiaji, Aris Hiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan utama dari peneltian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah yang ada di SMA Negeri Jumapolo khususnya kelas XI IPS 3 dengan mengunakan model kooperatif tipe Think Talk Write yang dipadukan dengan pengunaan media audio visual yang bertemakan Candi Sukuh. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri Jumapolo dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pada aspek minat belajarnya diperoleh hasil secara keseluruhan pada minat siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3.17 kemudian sempat turun pada siklus II dengan perolehan 3.11 akibat dari kuarang kondusifnya kegiatan pembelajaran, akan tetapi pada siklus III peneliti dan siswa sudah mulai tertata dan terkendali sehingga mengalami peningkatan sebesar 3.33. Sedangkan pada hasil belajar di peroleh hasil ketuntasan pada siklus I sebesar 38.89%, siklus II 72.22% dan pada siklus III sebesar 88.89% jadi secara keseluruhan mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan mengunakan Think Talk Write bermediakan Audio Visual candi Sukuh dapat meningkatkan Minat dah hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 Sma Negeri Jumapolo.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8928
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV