• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Menumbuhkembangkan Kepribadian Anak melalui Cerita Fiksi di SD Muhammadiyah 36 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    i33.pdf (372.2Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Suprayetno, Edy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali pembelajaran sastra dianggap hanya untuk mengasah kemampuan estetika dan etika. Sastra anak pun serasa diasingkan oleh para pengajar, apalagi mengingat hanya sedikit pengajar yang mampu bersastra. Sastra anak terkesan tidak diajarkan secara menyeluruh oleh para pengajar. Sehingga sudah jarang kita temui sastra anak yang muncul di koran atau majalah yang ditulis oleh anak-anak. Siswanto (2011:173) juga mengatakan bahwa pembelajaran sastra hendaknya digunakan peserta didik sebagai salah satu kecakapan untuk hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar. Kecakapan hidup tersebut dikelompokkan menjadi lima jenis, yaitu: kecakapan mengenal diri (self awareness) atau kecakapan personal, kecakapan berpikir rasional (thingking skill), kecakapan sosial (social skill), kecakapan akademik (academic skill), dan kecakapan vokasional (vocational skill). Kelima kecakapan tersebut dapat mengembangkan kepribadian anak secara terstruktur melalui pembelajaran sastra. Dalam hal ini, peneliti membatasi fiksi menjadi cerita rakyat yang ada di Sumatera Utara yang nantinya akan diperdengarkan oleh anak-anak SD Muhammadiyah 36 Medan, seperti cerita Danau Toba, cerita Batu Gantung dan lainlain. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sebagai upaya menumbuhkembangkan dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8931
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV