• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Direct Learning pada Penulisan Cerita Pendek sebagai Bagian Menulis Populer Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta

    Thumbnail
    View/Open
    i40.pdf (341.4Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Ansoriyah, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbicara masalah model pembelajaran adalah bagaimana seorang pendidik menciptakan sebuah kondisi belajar peserta didik. Penciptaan kondisi belajar dimaknai sebagai sebuah usaha bagaimana peserta didik belajar. Hal ini secara langsung dan sekaligus menyentuh bagaimana seorang pendidik itu mengajar. Ada banyak pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran dan salah satunya adalah model pembelajaran direct learning. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran direct learning pada penulisan cerita pendek sebagai bagian menulis populer mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UNJ. Dalam penelitian ini penerapan pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi mahasiswa dalam menulis cerita pendek sebagai salah satu bagian dalam menulis populer. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UNJ. Penelitian ini berlangsung selama satu semester. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan, analisis dokumen hasil mahasiswa dalam menulis cerita pendek. Data yang dianalisis adalah data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mahasiswa dapat menulis cerita pendek sesuai dengan rencana pembelajaran yang direncanakan sebelum memasuki kelas. Selama proses penerapan pembelajaran menulis cerita pendek, peneliti telah mempunyai inovasi, kreativitas serta keterampilan yang memadai dalam menulis, sehingga proses pembelajaran menulis sesuai dengan yang diharapkan dalam rencana pembelajaran.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8938
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV