• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pusat Kajian Literasi Guna Meningkatan Budaya Membaca Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

    Thumbnail
    View/Open
    i46.pdf (347.2Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Siroj, Muhammad Badrus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menghasilkan model pusat kajian literasi dalam meningkatkan budaya membaca mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Adapun tujuannya untuk mengidentifikasi, mengetahui karakteristik, serta menghasilkan model pusat kajian literasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan “penelitian dan pengembangan”. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pusat kajian literasi adalah wadah pengembangan gerakan literasi di perguruan tinggi yang dapat membantu meningkatkan budaya membaca di perguruan tinggi baik melalui media konvensional atau media modern. Pusat kajian literasi dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan kesiapan perguruan tinggi. Kesiapan yang perlu diperhatikan meliputi fasilitas, kelengkapan pustaka, sarana dan prasarana, kesiapan civitas akademik, dan pendukung lainnya. Selain itu, perlu dukungan publik, lembaga, dan kebijakan lembaga yang mendukung. Perguruan tinggi seharusnya memiliki pusat kajian literasi untuk memperkuat keilmuan. Unnes sebagai rumah ilmu dapat diperkuat bangunannya dengan gerakan literasi perguruan tinggi. Oleh karena itu, perlu diperhatikan hal berikut: 1) membuat suasana kampus yang ramah literasi sehingga membuat warga kampus merasakan secara langsung situasi dan kondisi kampus; 2) menciptakan kondisi lingkungan sosial sebagai wadah interaksi komunikasi yang baik antarwarga kampus; dan 3) mengupayakan kampus sebagai lingkungan akademik yang nyaman dan menyenangkan untuk kegiatan literasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8944
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV