• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Iklan dan Film sebagai Solusi Penunjang Penanaman Minat Membaca Usia Dini

    Thumbnail
    View/Open
    i50.pdf (380.2Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Sukardi, Mochamad Ighfir
    Yuwana, Rawuh Yuda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya budaya literasi di Indonesia adalah sebuah kenyataan, tidak perlu menampilkan datadata atau merujuk pada sebuah buku. Cukup dengan membuka mata kita dan bertanya pada diri kita sendiri. Tentu untuk memenuhi kebutuhan kelayakan dalam dunia ilmiah penelitian tentang rendahnya budaya literasi di Indonesia harus tetap dilakukan. Hasil penelitian yang berdasar pada data-data empiris diharapkan mampu menunjang kelayakan solusi yang diajukan dalam penulisan ini. Minat baca yang dikembangkan pada usia dini menjadi landasan penting bagi berkembangnya budaya baca. Pada masa golden age perkembangan otak anak dapat mencapai 80%. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan seberapa jauh pemahaman masyarakat tentang budaya literasi dan ketertarikannya. 2) mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam upaya penanaman minat baca. 3) mendeskripsikan respons masyarakat terhadap solusi yang ditawarkan peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap budaya literasi. Masyrakat membutuhkan penunjang untuk menumbukan kesadaran budaya literasi. Iklan dan film mampu memberikan pengaruh yang signifikan. Masyarakat menanggapi baik solusi yang ditawarkan peneliti. Pengabadian gagasan dari ruang-ruang akademik hanya akan jadi konsumsi kaum akademik saja. Belum tentu bisa menjadi gerakan nyata dalam skala nasional.Berangkat dari kenyataan ini, tentu layak untuk dipertimbangkan usulan membuat iklan dan film sebagai penunjang penanaman minat membaca.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8948
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV