• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VIII 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VIII 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisa Kualitas Pendidikan dan Pendekatan Multidispliner Pendidikan dalam Pembangunan Wilayah Berkelanjutan di Kabupaten Wonogiri

    Thumbnail
    View/Open
    semnasgeo2017_25.pdf (318.0Kb)
    Date
    2017-05-22
    Author
    Arba'a, Marhaendra Des'a
    Yuniarsih, Indri
    Nurfitriani, Herdana
    Fathimah, Aprilia Euis
    Agustin, Evana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilakukan di Kabupaten Wonogiri yang mempunyai IPM menurut Bapeda litbang pada tahun 2014 terendah se-Eks Karisidenan Surakarta Salah satu Parameter Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah pendidikan, Pendidikan mempunyai peran penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mengangkat orang keluar dari kemiskinan, pendidikan memberikan kontribusi untuk mentransformasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan wilayah yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pendidikan di Kabupaten Wonogiri dan sebaran indikator pendidikan melalui pendekatan multidispliner untuk pembangunan berkelanjutan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mendeskripsikan dan menggambarkan indikator-indikator pendidikan dan non pendidikan kedalam suatu kesinambungan yang menghasilkan sebuah hasil kajian dalam penelitian ini. Hasil analisa kualitas pendidikan di Kabupaten Wonogiri dengan pendekatan multidispiliner pada tahun 2014-2016, ditunjukkan pada indikator angka partisipasi kasar mengalami peningkatan pada tahun 2014-2015 sebesar 27,26 %. Namun, terjadi adanya penurunan dari tahun 2015-2016 sebesar 0,3%. Angka partisipasi murni terdapat peningkatan pada tahun 2014-2015 sebesar 1 %, serta terjadi penurunan dari tahun 2015-2016 sebesar 0,60%. Kemampuan membaca dan menulis huruf latin tahun 2014 sebesar 46,41%, dan pada tahun 2015 sebesar 47,55%. Jumlah angkatan kerja yang pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengalami peningkatan, jumlah angkatan yang bekerja tahun 2014 dan 2015 sebesar 516.294 jiwa dan 505.043 jiwa. Jumlah angkatan kerja yang mencari pekerjaan pada tahun 2014 sampai tahun 2015 pun mengalami penurunan, pada tahun 2014 menunjukkan angka 18.431 jiwa dan tahun 2015 menunjukkan angka 16.015 jiwa. Simpulan penelitian mengungkapkan bahwa mutu atau kualitas pendidikan yang terdapat di Kabupaten Wonogiri mempengaruhi besarnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah tersebut. Nilai IPM Kabupaten Wonogiri pada tahun 2014-2016 mengalamii peningkatan .
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9021
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VIII 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV