• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VIII 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VIII 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisa Pendekatan Sistem Pendidikan pada Pembangunan Sumberdaya Manusia Kabupaten Wonogiri

    Thumbnail
    View/Open
    semnasgeo2017_31.pdf (332.0Kb)
    Date
    2017-05-22
    Author
    Suparno, Rahmat Riandi
    Sari, Ayuk Onita
    Mubarok, Alwi
    Vianita, Listi
    Trilas I, Ayun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang memberikan kontribusi terbesar dalam mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kondisi pendidikan pada suatu daerah menentukan program pembangunan pendidikan dalam meningkatkan taraf pendidikan masyarakat yang diukur melalui perubahan dan perkembangan dari pencapaian pendidikan yaitu angka partisipasi sekolah, angka buta huruf, dan rata-rata lama sekolah yang termasuk didalam pendekatan sistem pendidikan. Indikator pendekatan sistem pendidikan dibagi menjadi tiga kelompok: indikator input, proses, dan output/dampak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pencapaiaan dan perkembangan pendekatan sistem pendidikan di kabupaten Wonogiri. Metode penelitian secara deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan indikator input, proses dan output. Indikator input berupa usia sekolah, rasio murid guru, dan sarana prasarana dan secara jelas digambarkan pula indikator proses berupa persentase Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) serta indikator output yaitu melek huruf dan angka putus sekolah. Sumber data diperoleh dari data sekunder dari Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Hasil penelitian menunjukan indikator input berupa usia sekolah untuk SD usia 7-12 tahun dengan rata-rata sebesar 69328 orang, jenjang SMP usia 13-15 tahun rata rata-sejumlah 30339 orang, dan jenjang SMA dengan usia 16-18 tahun sejumlah 20610 orang. Sedangkan rasio guru-murid selama tahun 2014-2017 pada jenjang SD rata-ratanya 14 orang, untuk SMP sebesar 12 orang dan untuk SMA sebanyak 12 orang . Adapun hasil analisa indikator proses diketahui bahwa persentase Angka Partisipasi Kasar (APK) di SD rata-ratanya adalah 79%, SMP sebesar 78% dan SMA sebesar 56% dan APM di sekolah SD sebesar 90%, SMP 77% dan SMA 47% pada indikator output terlihat ada penurunan untuk angka melek huruf yaitu sebesar 25% dan angka putus sekolah sebesar 0,24 %. Simpulan analisa indikator input, proses dan output pada wilayah Kabupaten Wonogiri telah tercapai dan perkembangannya baik, berarti masyarakat di Kabupaten Wonogiri tingkat IPMnya sangat baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9042
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VIII 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV