• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Promosi dan Rekomendasi Dalam Pembentukan Harapan Pembeli Online terhadap Penjual Online yang Memiliki Kredibilitas (Studi: Beteng Trade Center Solo)

    Thumbnail
    View/Open
    geotik2017_4.pdf (571.5Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Imani, Yafie Miftah
    Nugroho, Eko
    Winarno, Wing Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurut beberapa survei yang telah dilakukan, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk melakukan pembelanjaan online. Namun, di Indonesia banyak penjual online yang hanya bermodalkan aplikasi chat dan media sosial untuk berjualan. Hal tersebut mengakibatkan mudahnya penjual yang tidak bertanggung jawab untuk menipu pembelinya, dengan cara meniru hal yang dilakukan oleh penjual yang memiliki kredibilitas dilingkungannya. Hal tersebut menyebabkan kekecewaan konsumen, karena tidak terjadinya kepuasan konsumen tersebut terhadap transaksi online yang telah berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan memaparkan terbentuknya harapan seorang pembeli sebelum melakukan pembelian secara online yang selanjutnya akan menghasilkan kepuasan konsumen, kepada penjual online yang memiliki kredibilitas dalam berjualan. Dalam penelitian ini mengusulkan model yang didapat dari modifikasi Expectation Confirm Theory, dengan menambahkan variabel rekomendasi dan promosi yang mempengaruhi harapan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan populasi konsumen di Beteng Trade Center yang pernah bertransaksi online kepada pedagang BTC. Metode simple random sampling peneliti pilih dalam memilih sample penelitian untuk mengisi kuesioner yang bertujuan dalam pengambilan data. Setelah data diperoleh, peneliti akan menggunakan metode analisis berbasis SEM-PLS dalam mengolah data tersebut. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa rekomendasi dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap harapan konsumen. Indikator promosi yang memiliki dampak tertinggi adalah diskon, sedangkan indikator rekomendasi yang memiliki dampak tertinggi adalah testimoni dan orang sekitar yang proaktif.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9077
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV