• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Lesson Study menggunakan Metode Sosiodrama sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran dan Pembangunan Karakter Mahasiswa

    Thumbnail
    View/Open
    geotik2017_6.pdf (610.7Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Mustolikh, M.
    Sutomo, S.
    Sriwanto, Sigid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Lesson Study menggunakan metode sosiodrama pada mata kuliah Pendidikan Karakter bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu pembangunan karakter mahasiswa. Lesson study dirancang dalam 4 (empat) siklus yang setiap siklus terdiri atas 3 (tiga) kegiatan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang menempuh mata kuliah Pendidikan Karakter pada semester gasal tahun akademik 2016/2017, sejumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi dan observasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Selama proses pembelajaran dilakukan observasi terhadap aktivitas pembelajaran secara komprehensif baik mahasiswa yang tampil sebagai pemateri atau pemeran tema sosiodrama maupun mahasiswa yang bertindak sebagai audiens. Hasil-hasil yang diperoleh dari penerapan Lesson Study menggunakan metode sosiodrama, adalah: (1) terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran: mahasiswa semakin aktif, mahasiswa terlihat antusias dalam pelaksanaan sosiodrama, dan perkuliahan tidak membosankan; (2) sewaktu mahasiswa memerankan tema sosiodrama, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, dan peduli sosial; dan ( 3 ) sewaktu mahasiswa bertindak sebagai audiens dan observer, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai rasa ingin tahu, menghargai prestasi, dan kerjasama.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9079
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV