• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi MURRDERR, Minat Penjurusan, dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD

    Thumbnail
    View/Open
    24.pdf (529.5Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Maulana, M
    Djuanda, Dadan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Creative thinking ability and disposition (CTAD) dituntut dalam aktivitas belajar matematika dalam penguatan program belajar guru sekolah dasar (PGSD). Untuk itu, pemilihan pendekatan dan strategi yang tepat akan membuat tujuan kegiatan pembelajaran tercapai. Namun, hanya sedikit orang yang mencoba mengenali faktor lain selain pendekatan/strategi pembelajaran yang memungkinkan pemberian kontribusi dalam pengembangan CTAD, misalnya faktor latar belakang pendidikan siswa (sains dan non-sains) dan pengetahuan awal matematika yang diperoleh sebelumnya. Makalah ini dibuat untuk memberikan gambaran singkat tentang pemilihan pendekatan pembelajaran dan tipe strategi yaitu strategi MURRDERR dan interaksi dengan latar belakang pendidikan dan pengetahuan matematika sebelumnya terhadap peningkatan CTAD siswa PGSD. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian desain didaktis (DDR), dilanjutkan dengan percobaan kuasi eksperimental dengan rancangan kelompok kontrol non-ekuivalen. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Strategi MURRDERR memiliki kontribusi yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan CTAD; (2) penggunaan bahan ajar berdasarkan DDR diketahui mendukung pencapaian yang lebih optimal sebagai hasil belajar; (3) Tidak ada interaksi antara latar belakang pendidikan dan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan CTAD; (4) siswa dengan latar belakang sains cenderung lebih siap dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9116
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV