• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDM 15 Surakarta Tahun 2016/ 2017

    Thumbnail
    View/Open
    41.pdf (144.3Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Suwarno, S
    Zulhijah, Kumala
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Efektivitas perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (2)Efektivitas perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (3)Efektivitas fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain survei.Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1)Perhatian orangtua dan fasilitas belajar memiliki efektivitas yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi. Hal ini berdasarkan persamaan regresi linier berganda Y = 38,309 + 0,226 X 1 + 0,202 X 2 dimana masing-masing koefisien regresi dari masingmasing variabel bernilai positif dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,338 atau 33,8%. (2)Perhatian orangtua memiliki efektivitas terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi. Hal ini berdasarkan uji t diperoleh t hitung > t tabel yakni 2,514 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05 yakni 0,017 < 0,05. Sedangkan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan efektif sebesar 18,59%. (3)Fasilitas belajar memiliki efektivitas terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung > t tabel yakni 2,208 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05 yakni 0,035 < 0,05. Sedangkan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 15,21%. Dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua memiliki efektivitas lebih besar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9141
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV