• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kerjo Kabupaten Karanganyar (Materi Pokok Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam)

    Thumbnail
    View/Open
    geotik2017_41.pdf (293.2Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Fitriyanto, Alwan
    Muryani, Chatarina
    Sarwono, S.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving, Numbered Heads Together dan Ceramah (2) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi Ceramah yang memiliki motivasi belajar tinggi. (3) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih rendah dari Numbered Heads Together dan lebih rendah dari Ceramah yang memiliki motivasi belajar rendah. (4) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap terhadap hasil belajar geografi (5) variasi model pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi. Metode yang digunakan Quasi Eksperimental Research (Penelitian ekserimen semu) dengan desain faktorial 3x2. Analisis penelitian menggunakan anava dua jalur. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi, soal dan angket. Uji hipotesis dilakukan dengan uji anava, kemudian dilakukan uji lanjut dengan uji Tukey. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar geografi pada penerapan model Problem Solving, Numbered Heads Together dan metode Ceramah. (2) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi Ceramah yang memiliki motivasi belajar tinggi. (3) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi dari Ceramah yang memiliki motivasi belajar rendah. (4) adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar geografi (5) variasi model pembelajaran Problem Solving dengan motivasi belajar tinggi paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9154
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV