• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-16 RAPI 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-16 RAPI 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Karakteristik Kecepatan Operasi Kendaraan dan Evaluasi Konsistensi Desain Geometrik pada Tikungan dengan Kombinasi Alinyemen Horizontal dan Alinyemen Vertikal

    Thumbnail
    View/Open
    18_D127_Mukti.pdf (717.3Kb)
    Date
    2017-12-13
    Author
    Mukti, Elsa Tri
    Sjafruddin, Ade
    Kusumawati, Aine
    Wibowo, Sony Sulaksono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik kecepatan operasi kendaraan dan evaluasi konsistensi desain geometrik pada tikungan jalan yang memiliki kombinasi alinyemen horizontal dan vertikal pada ruas jalan antar kota. Jenis kendaraan yang diamati adalah kendaraan ringan/mobil penumpang dan kendaraan berat,, dan ruas jalan antar kota yang dijadikan lokasi penelitian adalah ruas jalan Pontianak-Tayan, provinsi Kalimantan Barat.Pengamatan kecepatan kendaraan ini dilakukan pada lokasi jalan yang memiliki kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cembung, serta kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cekung. Pada setiap lokasi penelitian dilakukan 3 (tiga) titik pengamatan, yaitu pada titik awal, pertengahan dan akhir tikungan. Dalam perhitungan analisa data kecepatan kendaraan digunakan metode kecepatan 85 persentil. Berdasarkan perhitungan dengan metode kecepatan 85 persentil diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan karakteristik kecepatan 85 persentil kendaraan antara lokasi kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cembung, dengan lokasi kombinasi lengkung horizontal dan lengkung vertikal cekung. Dari hasil analisis konsistensi desain geometrik diperoleh hasil bahwa pada kendaraan ringan terdapat 23 lokasi dengan kriteria poor, 22 lokasi dengan kriteria fair, dan 1 lokasi dengan kriteria good, sedangkan pada kendaraan berat terdapat 27 lokasi dengan kriteria good, 18 lokasi dengan kriteria fair dan, 1 lokasi dengan kriteria bad.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9521
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-16 RAPI 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV