• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Teachers Of The Year: Kinerja Guru Dalam Bingkai Perkembangan Pendidikan Abad 21

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (861.5Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Sudirman, Sudirman
    Bokingo, Agus Hakri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka harus meningkatkan kualitas mutu pendidikan nasional, dalam hal ini guru sebagai tumpuan kualitas pendidikan nasional yang hari ini terus menjadi perbincangan tentang kinerja guru. Kinerja guru dapat meningkatkan mutu pendidikan, dan dengan mutu pendidikan nasional dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia. Dengan melalui mutu sumber daya manusia dapat ditingkatkan maka negara indonesia memiliki kualitas daya saing di abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan dapat mendeskripsikan kinerja guru dalam bingkai perkembangan pendidikan pada abad ke 21,dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner, dokumen, dan focus group discussion, dalam perjalanan perkembangan pendidikan di abad 21 ini guru dihadapkan tantangan yang tidak begitu mudah, guru harus memiliki kemampuan seperti (1) berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggungjawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun jaringan, (4) disiplin terhadap waktu dan aturan. Disamping itu guru juga memiliki karakteristik tertentu sebagai pembeda karakteristik guru sebelum di abad 21 dan juga memiliki kecakapan dan keterampilan juga menjadi penentu kualitas pendidikan nasional. Penulis berkesimpulan bahwa kinerja guru didalam perkembangan pendidikan abad 21 memiliki tantangan lebih berat dan tugas guru lebih kompleks, serta peranan guru yang sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran, untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus memiliki kemampuan (1) berpikir kritis, (2) memiliki rasa tanggung jawab sosial, (3) memiliki kemampuan membangun jaringan, (4) menerapkan kedisiplinan waktu dan aturan. Di samping itu guru harus memiliki karakteristik, kecakapan, keterampilan di abad 21.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9563
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV