• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Sekolah Aman dan Pendidkan Ramah Anak Dalam Dimensi Kesantunan Berbahasa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (863.6Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Habiburrahman, Habiburrahman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesantunan selalu dipandang sebagai sebuah fenomena yang berkaitan antara hubungan bahasa dan realitas sosial. Dalam komunikasi, kesantunan merupakan aspek penting dalam kehidupan untuk menciptakan komunikasi yang baik di antara penutur dan mitra tutur. Kaitan hubungan bahasa dengan realitas sosial tercermin pula pada terciptanya suasana sekolah yang aman dan pendidikan yang ramah anak. Kondisi ideal ini didasari pada penggunaan kesantunan berbahasa dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan seorang pimpinan, karyawan, guru, dan orang tua atau wali siswa mengendalikan percakapan dengan cara mengatur pola tutur, memberikan, mengambil giliran tutur, mengatasi penyimpangan, dan mengatasi kesalahpahaman. Tujuan dalam komunikasi yang santun ini diyakini dapat mengatasi penyimpangan dan mengatasi kesalahpahaman antarwarga sekolah sehigga terciptanya sekolah aman dan pendidikan yang ramah anak. Dalam konteks tersebut, kesantunan menjadi penting untuk diperhatikan guna mengatasi kesalahpahaman yang dapat menimbulkan retaknya hubungan yang tidak harmonis antara pimpinan dan warga sekolah lainnya. Penelitian tentang kesantunan sudah penulis lakukan dalam berbagai konteks untuk menunjang ketajaman esensi materi ini, seperti 1) Kesantunan Guru dalam Pembelajaran di Kelas, dan 2) Studi Kesantunan Tindak Tutur Direktif Jamaah Tablig dalam Berdakwah. Tindak tutur memiliki potensi untuk mengancam muka mitra tutur atau lebih sederhana tindakan yang melukai perasaan mitra tutur dalam suatu interaksi. Dengan demikian, setiap anggota masyarakat yang rasional pastilah akan menghindari tindakan yang melukai perasaan mitra tutur dalam suatu interaksi dan akan menggunakan strategi tertentu untuk mengurangi perasaan yang kurang senang dari mitra tuturnya dengan adanya pembelajaran berbasis kesantunan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9578
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV