• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Fungsi Internet Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (649.4Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Sudiran, Sudiran
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan studi tentang internet sebagai media pendidikan dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA. Hadirnya internet dalam dunia pendidikan membawa nuansa baru dalam proses belajar mengajar. Ia tidak saja berfungsi sebagai sumber informasi, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan tata langkah fungsi-fungsi dasar internet sebagai media pendidikan, 2) menghasilkan teknik dan prosedur pemanfaatan internet, 3) mendapatkan rekapitulasi tantangan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan internet. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan ketentuan, (1) sasaran penelitian: guru-guru bahasa Inggris SMA Muhammadiyah yang ada di Kepanjen dan Sumberpucung Kabupaten Malang, (2) metode pengumpulan data adalah observasi dan interview, (3) analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pengkodean berbuka (open coding). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi internet sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di sekolah meliputi, (1) sarana akses sumber belajar (browsing dan searching) (2) sarana pengiriman surat elektronik (e-mail), (3) sarana interaksi sosial jarak jauh (facebook), dan (4) sarana berbagi ide dan pengalaman (blogging). Kedua, cara pemanfaatan internet sebagai media pendidikan di sekolah meliputi, (a) guru membuat persiapan tugas untuk siswa, (b) guru menganalisis tugas berdasarkan tingkat kesulitannya, dan (c) guru mengarahkan siswa menggunakan fasilitas internet di laboratorium TIK. Ketiga, tantangan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan internet meliputi antara lain, (1) terbatasnya multimedia di kelas, (2) komputer di lababoratorium bahasa terkadang mengalami gangguan (error), (3) program yang digunakan guru masih terbatas, (4) siswa merasa bosan karena terlalu sering menggunkan LCD, dan (5) internet terkadang disalahgunakan sebagian siswa untuk mengakses situs tidak penting.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9604
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV