• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Permasalahan Realistik Pada Mata Kuliah Probabilitas

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (674.5Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Rejeki, Sri
    Prabandari, Radha Sita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kategori kesalahan dan faktor penyebab kesalahan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan realistik pada mata kuliah Probabilitas. Hal ini dilatarbelakagi oleh kesulitan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan realistik pada mata kuliah Probabilitas, khususnya di kelas internasional. Subyek dalam penelitian ini adalah delapan mahasiswa semester empat tahun akademik 2016/2017 di kelas internasional pada program studi Pendidikan Matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes tertulis yang terdiri dari empat butir soal realistik dan satu soal abstrak. Selanjutnya, wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait hasil tes tertulis mahasiswa. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan berpedoman pada analisis kesalahan Newman. Berdasarkan hasil analisis tes tertulis dan wawancara, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum tidak terjadi kesalahan pada level comprehension. Mahasiswa tidak memiliki permasalahan dalam memahami semua arti kata. Kesalahan berawal dari transformation yang kemudian menjadi penyebab terjadinya kesalahan process skill dan encoding. Kesalahan transformation ini disebabkan kurangnya aktivitas bernalar pada mahasiswa terutama pada permasalahan realistik. Hal ini didukung oleh tidak terdapatnya kesalahan pada pemecahan masalah satu butir soal tes abstrak yang diberikan pada instrumen tes.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9605
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV