• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Perancangan dan Pengembangan Inovasi Tas Multifungsi Menggunakan Integrasi Metode Kano Model dan Analytic Hierarchy Process

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (323.7Kb)
    Date
    2018-03
    Author
    Sabit, M. Iqbal
    Purba, Reno Dias Anggra
    Khairunisa, Adinda
    Fadhilah, Nuraditya Ahmad
    Mukarromah, Nazula Rukhiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan metode Kano Model yang berguna untuk menentukan customer satisfaction dengan menentukan atribut dalam perancangan dan pengembangan desain tas dengan memperhatikan empat aspek yaitu performance, durability, aesthetics, dan Perceived Quality dan dikelompokkan. Dengan menggunakan Kano model, peneliti dapat melihat hubungan antara kriteria performansi yang diinginkan dengan costumer satisfaction. Selanjutnya atribut yang akan dikembangkan akan dilakukan pembobotan atribut dengan metode AHP guna menentukan skala prioritas atribut sehingga peneliti dapat mendesain tas dengan tepat. Terdapat 14 atribut kebutuhan pelanggan yang dapat diidentifikasi berdasarkan Voice of customer yang digunakan yaitu performance, durability, aesthetics, dan Perceived Quality. Berdasarkan hasil klasifikasi atribut kebutuhan pelanggan menggunakan model Kano, diperoleh 4 atribut yang termasuk kategori indifferent, 4 atribut yang termasuk kategori one dimensional, 4 atribut termasuk kategori attractive dan 2 atribut Must-be. Selanjutnya dilakukan pembobotan atribut menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) terhadap atribut berkategori one dimensional dan attractive didapatkan skala prioritas atribut berurutan yaitu tas yang tahan lama, multifungsi, ringan, tahan air, harga terjangkau, ketahanan warna, variasi warna dan tas yang ikonik. Untuk memuaskan pelanggan produk tas akan dilakukan peningkatan kualitas terkait 8 atribut yang menjadi True Customer Needs.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9759
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV