• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pengembangan MICE sebagai Upaya Peningkatan Sektor Pariwisata Kota Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.295Mb)
    Date
    2018-05
    Author
    Nugroho, Sidiq Permono
    Setyawan, Anton Agus
    Isa, Muzakar
    Susila, Ihwan
    Praswati, Aflit Nuryulia
    Mangifera, Liana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Industri MICE (Meeting, Insentive travel, Convention, Exhibition) MICE merupakan pintu masuk untuk memperkenalkan pariwisata dan pada akhirnya menjadi destinasi wisata khusus (special interest tourism). Pelaku wisata mulai mengembangkan destinasi MICE sebagai destinasi unggulan karena mempunyai dampak multiplier effect bagi peningkatan ekonomi suatu daerah. Persaingan di era modern membuat destinasi MICE menjadi sangat bervariasi sesuai karakter dari suatu daerah maupun negara. Seiring dengan banyaknya Organisasi maupun kelompok profesional juga berdampak pada peningkatan penyelenggaraan MICE. Kegiatan MICE merupakan pertemuan antar anggota maupun kelompok yang mewakili suatu organisasi maupun suatu negara. Peningkatan jumlah kunjungan parwisata dunia, juga meningkat penyelenggaraan MICE menjadi trend dunia. Destinasi MICE merupakan perpaduan antara leisure dan Business dianggap tahan dari pengaruh krisis ekonomi dibandingkan pariwisata konvensional.Sebagai destinasi yang memiliki potensi yang besar dalam mendatangkan pemasukan daerah melalui sektor pariwisata, perlu mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder dalam pengembangannya Kota Surakarta dengan latar belakang Budaya Jawa yang kental dengan kehidupan keseharian masyarakat, memiliki potensi cukup besar bagi pengembangan Destinasi MICE. Banyak jenis destinasi dan even yang ada di Kota Surakarta menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Sehingga perlu mendapat perhatian dari seluruh masyarakat untuk mendukung pengembangan pariwisata. Industri pariwisata perlu didukung oleh sektor lainnya yang berkaitan langsung dengan sektor pariwisata tersebut. Sektor penting yang mampu mendukung peningkatan kinerja sektor pariwisata seperti sektor perhotelan dan perdagangan sebagai penyedia penginapan dan kebutuhan selama berkunjung. Hasil Analisis SWOT menunjukkan bahwa Kota Surakarta memiliki kalender even wisata sebagai agenda wisata yang sudah terjadwal dengan baik, Fasilitas pendukung kegiatan MICE sudah memadai, Destinasi wisata Budaya Jawa merupakan warisan kerajaan Kasunanan Surakarta merupakan pendorong pengembangan pariwisata MICE. Beberapa hal yang masih perlu ditambah adalah rute penerbangan internasional, Gedung Convention Hall yang mampu menampung 10.000 peserta, dukungan promosi branding Solo sebagai Kota MICE.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9911
    Collections
    • The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV