EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM MENTORING AL-ISLAM
Abstract
Sejak tahun akademik 2001/2002, Universitas Muhammadiyah Surakarta
mengembangkan program Mentoring Al-Islam bagi seluruh mahasiswa selama
satu tahun pada tahun pertama. Program ini merupakan pengganti program
asistensi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dirasakan kurang efektif dalam
mengembangkan potensi dan fitrah keagamaan bagi mahasiswa.
Setelah program Mentoring Al-Islam berjalan kurang lebih lima tahun,
tampaknya perlu dikaji mengenai efektivitas pelaksanaannya. Oleh karena
itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil
sampel 20% dari mahasiswa peserta Mentoring Al-Islam, dengan menggunakan
metode angket sebagai metode pengumpul data, dan deskriptif kuantitatif sebagai
teknik analisis data. Dengan metode tersebut ditemukan bahwa secara umum
pelaksanaan program Mentoring Al-Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta
dapat dikategorikan efektif. Namun demikian ada satu variabel yang belum
efektif sehingga masih perlu perbaikan dan pengembangan, yaitu variabel
penggunaan alat dan media pembelajaran