Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping Ditinjau Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa
View/ Open
Date
2018-05Author
Chasanah, Ammar Anisa
Setyaningsih, Nining
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi Problem Based Learning berbasis Mind Mapping ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta sedangkan sampel diambil dua kelas dengan kemampuan yang sama. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu model angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dua jalur dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% adalah (1) terdapat pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa dengan kata lain bahwa model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping lebih baik daripada model konvensional, (2) tidak ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa dengan kata lain kemampuan berfikir kreatif matematis tidak mempengaruhi hasil belajar, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berfiki kreatif matematis terhadap hasil belajar dengan kata lain tidak ada interaksi model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar siswa.