dc.contributor.author | Achmadi | |
dc.contributor.author | Shobahiya, Mahasri | |
dc.date.accessioned | 2012-04-25T04:24:03Z | |
dc.date.available | 2012-04-25T04:24:03Z | |
dc.date.issued | 2008-01 | |
dc.identifier.citation | Assegaf, Abd. Rachman. 2003. Internasionalisasi Pendidikan: Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat, Yogyakarta: Gama Media. Arifin, Anwar. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Indonesia Tera. Barnadib, Imam. 1986. Dasar-Dasar Pendidikan Perbandingan, Yogyakarta: Institute Press IKIP Yogyakarta. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Jakarta: Sinar Grafika. http://murniramli.wordpress.com/2007/03/16/taman –kanak-kanak-di-jepang/ http://www.clair.or.id.jp/tagengo/general/id/id09-01.html http://www.clair.or.id.jp/tagengo/general/id/id09-02.html http://www.clair.or.id.jp/tagengo/general/id/id09-03.html http://www.clair.or.id.jp/tagengo/general/id/id11-04.html | en_US |
dc.identifier.issn | 1412-5722 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1007 | |
dc.description.abstract | Ada beberapa jalur untuk mengenal budaya dari suku, bangsa atau negara
lain. Pertama, melalui sarana perniagaan atau kehidupan ekonomi. Kedua,
melalui penaklukan atau peperangan. Ketiga, adanya kontak antar negara
melalui kerja sama bilateral yang bersifat mutual-cooperation, baik dalam
bentuk pertukaran para ahli maupun pengembangan di bidang pengetahuan.
Kontak antar negara dalam bentuk kerja sama pengembangan pendidikan
secara langsung maupun tidak langsung akan sangat bermanfaat untuk
memperluas cakrawala terhadap pendidikan nasional dan diharapkan dapat
mengambil nilai-nilai positif dari negara tertentu untuk menunjang usaha
peningkatan kualitas pendidikan nasional. Berdasarkan hal itu, dalam tulisan
ini memaparkan sebagian kecil sistem pendidikan negara Jepang, baik
pendidikan secara umum maupun pendidikan agama, untuk kemudian dikaji
persamaan dan perbedaannya dengan sistem yang dikembangkan di Indonesia. | en_US |
dc.subject | Perbandingan pendidikan | en_US |
dc.subject | Sistem pendidikan | en_US |
dc.subject | Jepang | en_US |
dc.subject | Indonesia | en_US |
dc.title | SISTEM PENDIDIKAN (Studi Komparasi antara Indonesia dan Jepang) | en_US |
dc.type | Article | en_US |