Show simple item record

dc.contributor.authorAriyanto, A
dc.contributor.authorPurwaningsih, Ayu
dc.contributor.authorVristiarum, Rida
dc.date.accessioned2018-07-10T04:07:30Z
dc.date.available2018-07-10T04:07:30Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Gita, Pisca., Dantes, dan Sariyasa. 2014. “Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. E-jurnal Program Pascasarjana Univeritas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Vol.4 [2] Herawati, Oktiana Dwi Putra., Rusdy Siroj, dan Djahir Basir. 2010. “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.4 No.1: 70-80 [3] Herman, Nurul Atiqah., Irwan, dan Nilawasti ZA. 2014. “ Penerapan Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang” Jurusan Matematika FMIPA UNP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 No.1: 13-17 [4] Ahmadi, Mohammad Reza. 2012. “ Reciprocal Teaching Strategies and Their Impacts on English Reading Comprehension”. Theory and Practice in Language Studies Vol.2 No.10: 2053-2060 ISSN 1799-2591 [5] Efendi, Nur. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda di Kabupaten Sidoarjo” FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan Vol.3 No.2 Hal 87-109 ISSN 2087-9016 [6] Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar [7] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media [8] Efendi Nur, 2013.”Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching dipadukan think Pair share Terhadap kemampuan Meta kognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik berbeda di kabupaten Sidoarjo FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, jurnal Santiaji Pendidikan Vol3 no2 hal 87-109 ISSN 2087-9016 [9] Yeni, E. M. 2011. “Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Edisi Khusus hal 63-75 [10] Herman, Nurul Atiqah., Irwan, dan Nilawasti ZA. 2014. “ Penerapan Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang” Jurusan Matematika FMIPA UNP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 No.1: 13-17 [11] Effendi, Leo Adhar. 2012. “Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP”. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol.13 No.2: 1-10 [12] Qohar, Abdul dan Utari Sumarmo. 2013.” Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching.” IndoMS.J.M.E Vol. 4 No.1: 59-74 [13] Ahmad, Zulpahmi. 2014. “ Improving Students Speaking Ability By Using Reciprocal Teaching Strategy At The Twelve Grade Students of SMKN 1 Rambah Rokan Hulu Regency” Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol.2 No.1: 17-20 [14] Ismail, Sarimah dan Atan Abreza. 2011. “Aplikasi Pendekatan Penyelesaian Masalah Dalam Pengajaran Mata Pelajaran Teknikal dan Vokasional di Fakultas Pendidikan UTM”. Jurnal of Educational Psychology and Counseling Vol.2 No.1:133-144id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10097
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Validasi data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian, pertama penerapan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Kedua peningkatan pemahaman konsep matematika yaitu 1) siswa yang mampu menyatakan ulang sebuah konsep kondisi awal 10 siswa (45,45%), siklus I menjadi 13 siswa (59,09%) dan siklus II menjadi 18 siswa (81,82%), 2) siswa yang mampu memberi contoh dan non-contoh dari konsep kondisi awal 6 siswa (27,27%), siklus I menjadi 10 siswa (45,45%) dan siklus II menjadi 15 siswa (68,18%), 3) siswa yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu kondisi awal 9 siswa (40,90%), siklus I menjadi 13 siswa (59,09%) dan siklus II menjadi 19 siswa (86,36%), 4) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah kondisi awal 8 siswa (36,36%), siklus I menjadi 12 siswa (54,55%), dan siklus II menjadi 17 siswa (77,27%).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectpemahaman konsepid_ID
dc.subjectpembelajaran matematikaid_ID
dc.subjectreciprocal teachingid_ID
dc.titlePeningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Reciprocal Teaching pada Kelas VII SMPid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record