Penerapan Data Mining pada Data Nilai Siswa dengan Menggunakan Algoritma Asosiation Rule Metode Apriori (Studi Kasus di SMP N 36 Semarang)
Abstract
Penggunaan informasi di SMP N 36 Semarang semakin maju dan diikuti dengan banyaknya guru yang menguasai tekhnik informasi untuk mendukung kualitas mereka masing-masing. Oleh sebab itu banyak data yang akan disimpan tanpa kecuali adalah data nilai siswa. Salah satu yang menarik adalah penerapan data mining untuk menetukan pola setiap nilai dengan nilai yang lain. Data mining yang mempunyai tujuan untuk menemukan hubungan antara satu item dengan item yang lain dalam suatu kumpulan data. Dalam penelitian ini, Data mining yang akan digunakan adalah dengan menggunakan algoritma Assosiation Rule metode Apriori. Metode Apriori akan menghasilkan nilai Support, List, dan Confident. Nilai-nilai yang dihasilkan Apriori tersebutlah yang akan menentukan pembentukan suatu pola. Terbentuknya pola akan membuat menarik dan akan didapatkan suatu kesimpulan. Berdasarkan data pada nilai data siswa SMP 36 Semarang pola yang ditemukan adalah hubungan nilai mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain.