Kontribusi Kreativitas dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis serta Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemampuan berpikir kritis, (2) menguji kontribusi kreativitas dan keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (3) menguji kontribusi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan pendekatannya jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 159 siswa kelas X SMK N 9 Surakarta. Sampel penelitian 113 siswa, ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian, (1) Dengan taraf signifikansi 5%, kreativitas dan keaktifan berpikir kritis memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kritis sebesar 32,1%. (2) kreativitas dan keaktifan berorganisasi memberikan kontribusi secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 14,0%. Kontribusi kreativitas secara langsung memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis sebesar 12,32%. Sedangkan, kontribusi variabel keaktifan berorganisasi secara langsung memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis sebesar 0,2704%. (3) dengan taraf signifikansi 5%, kemampuan berpikir kritis memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar matematika sebesar 30,47%.