Show simple item record

dc.contributor.authorMaulida, Isna Asyaro
dc.contributor.authorZulfa, Ivana Kumala
dc.contributor.authorMusyarofah, M
dc.date.accessioned2018-07-10T06:55:17Z
dc.date.available2018-07-10T06:55:17Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Halonen, J.S. & Santrock, J.W. 1999. Psychology: contexts & application, Boston: McGraw-Hill College [2] I. E. Mulyaningsih, “KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR THE INFLUENCE OF SOCIAL INTERACTION OF FAMILY RELATIONSHIP , ACHIEVEMENT MOTIVATION , AND INDEPENDENT LEARNING,” pp. 441–451, 2014. [3] I. Syarif, “PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI THE INFLUENCE OF BLENDED LEARNING MODEL ON MOTIVATION AND ACHIEVEMENT Abstract : The Influence of Blended Learning Model on Motivation and Achievement of Vocational,” Pendidik. Vokasi, vol. 2, pp. 234–249, 2012. [4] M. Guru, M. Smpn, and P. Kendal, “DATAR SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ELPSA DENGAN PERMAINAN KSD BAGI SISWA KELAS VII A SMPN 2 PATEAN KENDAL SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016,” no. 1, 2016. [5] Prof. Dr. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta [6] Sardiman A.M. 1994. Interaksi dan motivasi belajar dan mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. [7] Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers. [8] Slavin, R.E. 2009. Psikologi pendidikan : Teori dan praktik, (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: Indeks. (Buku asli diterbitkan tahun 2006) [9] Sofyan, Herminarto dan Uno, Hamzah B. 2004. Teori motivasi dan aplikasinya dalam penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah. [10] S. E. Mawarsih, S. E. Mawarsih, N. Hamidi, P. E. Akuntansi, M. Belajar, and P. B. Siswa, “Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo,” JUPE UNS, vol. 1, no. 3, pp. 1–13, 2013. [11] Wade, C. & Tavris, C. 2008. Psychology 9th edition. Boston: Pearson Education [12] Woolfolk, Anita. 2004. Educational psychology. Boston: Pearson Education, Inc.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10106
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran matematika di sekolah umumnya cenderung membosankan. Banyak guru yang menerapkan proses pembelajaran yang terpusat pada guru (teacher center), selain itu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung membosankan sehingga minat belajarsiswa dalam pembelajaran matematika sangat rendah dan banyak siswa yang kurang memahami konsep pembelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan adanya inovasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru sehingga proses pembelajaran menjadi semakin menyenangkan dengan tidak meninggalkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Salah satu inovasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu berupa permainan matematika yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Permainan yang dimaksud dalam matematika berupa permainan “BATAR” yang dibuat melalui aplikasi Swish Max dan mencakup materi segiempat. Permainan ini dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan siswa dapat memahami konsep matematika dengan mudah. Proses pembelajaran yang menggunakan permainan matematika “BATAR” diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matematika sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectmotivasi belajar siswaid_ID
dc.subjectpermainan BATARid_ID
dc.subjectsegiempatid_ID
dc.titlePemanfaatan Sumber Belajar berbasis Permainan Batar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record