Pemanfaatan Sumber Belajar berbasis Permainan Batar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa
dc.contributor.author | Maulida, Isna Asyaro | |
dc.contributor.author | Zulfa, Ivana Kumala | |
dc.contributor.author | Musyarofah, M | |
dc.date.accessioned | 2018-07-10T06:55:17Z | |
dc.date.available | 2018-07-10T06:55:17Z | |
dc.date.issued | 2018-05 | |
dc.identifier.citation | [1] Halonen, J.S. & Santrock, J.W. 1999. Psychology: contexts & application, Boston: McGraw-Hill College [2] I. E. Mulyaningsih, “KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR THE INFLUENCE OF SOCIAL INTERACTION OF FAMILY RELATIONSHIP , ACHIEVEMENT MOTIVATION , AND INDEPENDENT LEARNING,” pp. 441–451, 2014. [3] I. Syarif, “PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI THE INFLUENCE OF BLENDED LEARNING MODEL ON MOTIVATION AND ACHIEVEMENT Abstract : The Influence of Blended Learning Model on Motivation and Achievement of Vocational,” Pendidik. Vokasi, vol. 2, pp. 234–249, 2012. [4] M. Guru, M. Smpn, and P. Kendal, “DATAR SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ELPSA DENGAN PERMAINAN KSD BAGI SISWA KELAS VII A SMPN 2 PATEAN KENDAL SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016,” no. 1, 2016. [5] Prof. Dr. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta [6] Sardiman A.M. 1994. Interaksi dan motivasi belajar dan mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. [7] Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers. [8] Slavin, R.E. 2009. Psikologi pendidikan : Teori dan praktik, (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: Indeks. (Buku asli diterbitkan tahun 2006) [9] Sofyan, Herminarto dan Uno, Hamzah B. 2004. Teori motivasi dan aplikasinya dalam penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah. [10] S. E. Mawarsih, S. E. Mawarsih, N. Hamidi, P. E. Akuntansi, M. Belajar, and P. B. Siswa, “Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo,” JUPE UNS, vol. 1, no. 3, pp. 1–13, 2013. [11] Wade, C. & Tavris, C. 2008. Psychology 9th edition. Boston: Pearson Education [12] Woolfolk, Anita. 2004. Educational psychology. Boston: Pearson Education, Inc. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10106 | |
dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran matematika di sekolah umumnya cenderung membosankan. Banyak guru yang menerapkan proses pembelajaran yang terpusat pada guru (teacher center), selain itu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung membosankan sehingga minat belajarsiswa dalam pembelajaran matematika sangat rendah dan banyak siswa yang kurang memahami konsep pembelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan adanya inovasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru sehingga proses pembelajaran menjadi semakin menyenangkan dengan tidak meninggalkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Salah satu inovasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu berupa permainan matematika yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Permainan yang dimaksud dalam matematika berupa permainan “BATAR” yang dibuat melalui aplikasi Swish Max dan mencakup materi segiempat. Permainan ini dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan siswa dapat memahami konsep matematika dengan mudah. Proses pembelajaran yang menggunakan permainan matematika “BATAR” diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matematika sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018 | id_ID |
dc.subject | motivasi belajar siswa | id_ID |
dc.subject | permainan BATAR | id_ID |
dc.subject | segiempat | id_ID |
dc.title | Pemanfaatan Sumber Belajar berbasis Permainan Batar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4 2018
Keep Moving to be Amazing