dc.identifier.citation | [1] Tesmer. M, Planning and Conducting Formaive Evaluations, London: Kogan Page, 1993. [2] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014. [3] Nababan. dkk, Pengantar Matematika, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014 [4] Karso. dkk, Pendidikan Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011 [5] Karim. dkk, Pendidikan Matematika 2, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka 2014 [6] Winarni dan Harmini, Matematika untuk PGSD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011 [7] Ainurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2012. | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran untuk mendukung proses perkuliahan Konsep Dasar Matematika bagi mahasiswa semester satu program studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Pengembangan modul pembelajaran dilakukan melalui tahapan pengembangan menurut alur desain Formative Evaluation. Pengembangan difokuskan pada dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one, dan small group), serta field test. Hasil expert reviews dan one-to-one menunjukkan bahwa modul telah memenuhi aspek isi/content, konsep/kontruks, dan bahasa dengan rata-rata skor hasil penilaian berada pada rentang nilai rata-rata antara 6 – 7 (dalam skala 7). Hasil pengujian small group menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu mahasiswa dalam proses perkuliahan. | id_ID |