Show simple item record

dc.contributor.authorWidhiyassifah, Retnaviar
dc.contributor.authorSumardi, S
dc.date.accessioned2018-07-11T02:01:42Z
dc.date.available2018-07-11T02:01:42Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Abdullah, Abdul Halim, dkk. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problem for the Topic of Fraction.Asian Social Science, 11(21), 134-142. [2] Bicer, dkk.(2014). Pre-Service Teachers’linear And Quadratics Inequalities Understandings.International Journal For Mathematics Teaching And Learning. (online), (http://www.cimt.org.uk/journal/bicer.pdf) diakses 29 Maret 2018. [3] Chamundeswari, S. (2014). Conceptual Errors Encountered in Mathematical Operations in Algebra among Students at the Secondary Level.International Journal of Innovative Science. 1(8), 24-38. Diakses pada 1 April 2018, dari http://www.ijiset.com. [4] Fathahillah, A., Susanto, & Wati, Y. F. (2017).Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scafolding yang Diberikan.Kadikma, 8(1), 40-51. [5] Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: [6] Hasbi, M., Mayanti, D., & Palalong, P. (2014). Penerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Di Kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadakulo, 2(1), 56-65. [7] Herholdt, R., & Sapire, I. (2014). An Error Anaysis In The Early Grades Mathematics – A Learning Opportunity?. South African Journal of Childhood Education, 4(1), 42-60. [8] Junaedi, I., Suyitno, A., Sugiarto, E., & Eng, C. K. (2015). Disclosure Causes of Students Error In Resolving Discrete Mathematics Problem Based on Nea as A Means of Enhancing Creativty. International Journal of Education. 7(4), 31-42. [9] Loc, P. N., & Tong, H. D. (2017). Students’ errors In Solving Mathematical Word Problems And Their Ability In Identifying Error In wrong Solutions. European Journal of Educations Studies,3(6), 226-241. [10] Mahmoud, M., A. (2016). Errors Analysis of Solving Linear Inequalities Among the Preparatory Year Students at King Saud Unviersity. Journal Of Education and Practice, 7(12), 124-133. [11] Moru, E. K., Makomosela, B., Poka, W., & John, N. (2014). Teacher Knowledge ofError Analysis in Differential Calculus.Pythagoras. 35(2), 263-273. [12] Suyitno, A., & Hardi, S. (2015). Learning Therapy for Students In Mathematics Communication Correctly Based On Application of Newman Procedure (A case of Indonesia Student). International Journal of Education and Research. 3(1), 529-538.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10115
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang materi eksponen (2) faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal-soal materi eksponen (3) alternatif solusi untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 34 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: (1) kesalahan transformasi penyebabnya siswa tidak paham dalam penerapan rumus dan salah dalam mengubah bentuk matematika secara benar dengan alternatif solusi siswa lebih memahami konsep dasar materi eksponen dan tidak hanya menghafal rumus (2) kesalahan proses penyelesaian penyebabnya siswa tidak teliti dalam menghitung dan lupa rumus dengan alternatif solusi siswa lebih banyak latihan soal dan lebih memperdalam konsep (3) kesalahan menarik kesimpulan penyebabnya siswa terburu-buru dalam menulis jawaban dan karena salah dalam proses menyelesaikan soal dengan alternatif solusi siswa lebih teliti saat proses mengerjakan soal.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectanalisis kesalahanid_ID
dc.subjecteksponenid_ID
dc.subjectjenis kesalahanid_ID
dc.subjectpenyebab kesalahanid_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Eksponen pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kartasuraid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record