Show simple item record

dc.contributor.authorSukmawati, Rika
dc.date.accessioned2018-07-11T07:02:37Z
dc.date.available2018-07-11T07:02:37Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Abdullah, In Hi. 2013. Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika DeltaVol. 2 No.1 April 2013 [2] Abidin Y, Mulyati, T, & Yunansah H. 2017. Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara [3] Aini, Indrie N. 2013. Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Matematis (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Madrasah Tsanawiyah). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia Pemberi [4] Buyung, & Dwijanto. 2017. Analisis Kemampuan Literasi Matematika melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal Of Mathematics Education Research.UJMER 6 (1) (2017) 112 -119. Publikasi 2 Juni 2017 [5] Kusumah, Yaya S. 2017. Literasi Matematika sebagai Keterampilan Minimal dalam Menghadapi Tantangan di Abad 21. Materi Keynote Speakers Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang 24 Maret 2018 [6] Mujid. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Pembelajaran Improve. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 No. 1 2016. Hal. 167-180 [7] Riadi, Edi. 2014. Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik (Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan). Tangerang : PT. Pustaka Mandiri [8] Sari, Rosalina, H N. 2015. Literasi Matematika : Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogjakarta [9] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta [10]Sumarmo, Utari. 2016. Pedomanan Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Program Magister Pendidikan Matematika. Bandung : STKIP Siliwangi [11] Syawahid M, Putrawangsa, Susilahudin. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika Vol. 10 No. 2 (Nopember) 2017. Hal. 222 - 240id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10116
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana hubungan antara kemampuan literasi matematika dengan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah pembelajaran matematika SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, tanpa terlebih dahulu memberikan perlakuan apapun. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa semester I tahun ajaran 2017/2018 di Universitas Muhammadiyah Tangerang yang berjumlah 85 orang dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 21 orang. Analisis dalam pengolahan data adalah dengan melakukan uji regresi linier, uji koefisien korelasi menggunakan teknik korelasi product moment Pearson dan uji hipotesis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika dengan berpikir kritis mahasiswa.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectKemampuan literasi matematikaid_ID
dc.subjectBerpikir kritisid_ID
dc.titleHubungan Kemampuan Literasi Matematika dengan Berpikir Kritis Mahasiswaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record