Show simple item record

dc.contributor.authorMarfu'ah, Siska
dc.contributor.authorAriyanto, A
dc.date.accessioned2018-07-11T07:22:26Z
dc.date.available2018-07-11T07:22:26Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Cleopatra, Maria. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formatif 5(2) ISSN: 2088-351X. [2] Faturrahman, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya. [3] Hartini, Sri, dkk. 2008. Psikologi Pendidikan. Surakarta: BP-FKIP UMS. [4] Inayah, Ridaul, Trisno Martono, Heri Sawiji. 2013. “ Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri Vol.1 No. 1 [5] Isnaini, Mutmainnah, Dewi Kusuma W., dan Leny Noviani. 2015. “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 2(1). [6] Mediawati, Elis. 2010. “Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. V No.2. [7] Mulyasih, Puji Sri, dan Nanik Suryani.2016.”Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi”. Economic Education Analysis Journal 5 (2) (2016). [8] Prasojo, Retmono Jazib. 2014. “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS”. Jurnal Pendidikan 1(2). [9] Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [10] Retnowati, Sri, dan Budiyono. 2016. “Hubungan Fasilitas, Kemandirian, dan Kecemasan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Puring Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan ISBN. 978-602-73403-1-2. [11] Sholihat, Rika Indriani. 2016. “Pengaruh Efektivitas Peraturan Sekolahdan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Survey pada SMP Negeri klasifikasi SSN di Kabupaten Bandung Barat)”. Jurnal Pendidikan ISSN 1412-565 X. [12] Suranto. 2015. “Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan, dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta)”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 25 No.2. [13] Siwi, Chriscahyani Pramani, dan Luis Soares. 2015. “Strategi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD X Di Salatiga Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Kedisiplinan”. Jurnal Pendidikan 978-979-3456-52-2. [14] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. [15] Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10117
dc.description.abstractTujuan penelitian, (1) menguji kontribusi motivasi, kedisiplinan, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 143 siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura. Sampel penelitian 104 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penenelitian dengan taraf signifikansi α = 5%, (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi, kedisiplinan, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, dengan kontribusi sebesar 16,5594%, (2) tidak terdapat kontribusi motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat kontribusi kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan kontribusi sebesar 10,38816%, (4) tidak terdapat kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectmotivasiid_ID
dc.subjectkedisiplinanid_ID
dc.subjectfasilitasid_ID
dc.subjecthasil belajar matematikaid_ID
dc.titleKontribusi Motivasi, Kedisiplinan, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record