• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Teori Rough Set dengan Metode Algoritma If-Then dalam Decision Rule Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Sleman

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.289Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Jannah, Raudhatul
    Ayuningtyas, Tri
    Jadmiko, Pridharma
    Wicaksono, Muhammad Ari
    Utami, Hani Rahayu Budi
    Kariyam, K
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang padat penduduk. Kepadatan penduduk tersebut juga berdampak pada sektor transportasi terutama kendaraan bermotor. Pertumbuhan kendaraan bermotor berdasarkan data Ditlantas Polda DIY untuk tahun 2016 (1 Januari 2016 - 28 September 2016) ada sebanyak 84.312 kendaraan bermotor baru di Provinsi DIYdimana pertumbuhan ini hanya terdeteksi berdasarkan jumlah kendaraan yang melakukan pembayaran pajak atau mutasi menggunakan plat AB. Tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor ini berdampak pada banyaknya kecelakaan. Berdasarkan data Ditlantas Polda DIY diketahui pada tahun 2016 Kabupaten Sleman menempati posisi kedua terbanyak yakni sebesar 1.018 kejadian kecelakaan lalu lintas. Dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat decision rule yang ada di Kabupaten Sleman menggunakan data kecelakaan pada bulan Oktober-September. Berdasarkan analisis yang menggunakan if-then rule dari teori roughest dapat diambil kesimpulan bahwa faktor kepastian terbesar terjadi kecelakaan dengan jenis luka ringan terjadi di TKP 4 diwaktu pagi hari dan kendaraan terlibat antara dua sepeda motor. Faktor kepastian terbesar terjadi kecelakaan dengan jenis luka meninggal dunia terjadi di TKP 1 diwaktu siang hari dengan kendaraan terlibat sepeda motor-pejalan, TKP 3 di berbagai waktu dan kendaraan terlibat, TKP 4 di waktu siang hari dengan kendaraan terlibat sepeda motor-truk-sepeda motor.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10127
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV