Penerapan Teori Rough Set dengan Metode Algoritma If-Then dalam Decision Rule Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Sleman
View/ Open
Date
2018-03Author
Jannah, Raudhatul
Ayuningtyas, Tri
Jadmiko, Pridharma
Wicaksono, Muhammad Ari
Utami, Hani Rahayu Budi
Kariyam, K
Metadata
Show full item recordAbstract
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang padat
penduduk. Kepadatan penduduk tersebut juga berdampak pada sektor transportasi terutama
kendaraan bermotor. Pertumbuhan kendaraan bermotor berdasarkan data Ditlantas Polda DIY
untuk tahun 2016 (1 Januari 2016 - 28 September 2016) ada sebanyak 84.312 kendaraan bermotor
baru di Provinsi DIYdimana pertumbuhan ini hanya terdeteksi berdasarkan jumlah kendaraan yang
melakukan pembayaran pajak atau mutasi menggunakan plat AB. Tingginya pertumbuhan
kendaraan bermotor ini berdampak pada banyaknya kecelakaan. Berdasarkan data Ditlantas Polda
DIY diketahui pada tahun 2016 Kabupaten Sleman menempati posisi kedua terbanyak yakni sebesar
1.018 kejadian kecelakaan lalu lintas. Dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat decision rule
yang ada di Kabupaten Sleman menggunakan data kecelakaan pada bulan Oktober-September.
Berdasarkan analisis yang menggunakan if-then rule dari teori roughest dapat diambil kesimpulan
bahwa faktor kepastian terbesar terjadi kecelakaan dengan jenis luka ringan terjadi di TKP 4
diwaktu pagi hari dan kendaraan terlibat antara dua sepeda motor. Faktor kepastian terbesar
terjadi kecelakaan dengan jenis luka meninggal dunia terjadi di TKP 1 diwaktu siang hari dengan
kendaraan terlibat sepeda motor-pejalan, TKP 3 di berbagai waktu dan kendaraan terlibat, TKP 4
di waktu siang hari dengan kendaraan terlibat sepeda motor-truk-sepeda motor.