Show simple item record

dc.contributor.authorSetyowati, Tuty
dc.date.accessioned2018-07-13T04:18:48Z
dc.date.available2018-07-13T04:18:48Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Djadir, dkk. 2017. Modul PLPG. Alat Peraga dalam Geometri Ruang. Jakarta : Kemdikbud. Dirjen GTK. [2] Fajriah, Noor dan Selfina Soraya. Penerapan Outdoor Learning dengan Media Klinometer Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tahun 2017. [3] Mensah, Farouq Sessah. Ghanaian Senior High School Students’Error in Learning of Trigonometry. International Journal of Environmental and Science Education. Volume 12 N0. 8. Tahun 2017. [4] Pitwakul, Pimpalak Wonga. Enhancing High School Students’ Conceptual Understanding of the Linkage between the Earth and Trigonometry through an Inquiry Based Learning Unit. The International Journal of Learning. Volume 18. Issue 2 tahun 2011. [5] Ratnasari, Gamarina Isti. Analisis Penerapan Trigonometri Menggunakan Media Klinometer Terhadap Strategi Pemecahan Masalah. UNY : Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Tahun 2017 [6] Setiawan. 2004. Pembelajaran Trigonometri Berorientasi PAKEM di SMA. Yogyakarta : Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika. [7] Sokolowski, Andrzej dan Robin Rackley. Teaching Harmonic Motion in Trigonometry : Inductive Inquiry Supported by Physics Simulations. Australian Senior Mathematics Journal 25 (1). Tahun 2011.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10132
dc.description.abstractPenelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada materi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam bentuk tes uraian dan catatan observasi . Analisa data yang dilakukan adalah reduksi data dan penyajian data. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data tes uraian dan catatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang semula aktif hanya 36,11% menjadi 91,67% dan ketuntasan belajar siswa dari 25% naik menjadi 83,33%.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectklinometerid_ID
dc.subjectaktivitasid_ID
dc.subjecttrigonometriid_ID
dc.titleAlat Peraga Klinometer BBPP untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record