dc.contributor.author | Setyowati, Tuty | |
dc.date.accessioned | 2018-07-13T04:18:48Z | |
dc.date.available | 2018-07-13T04:18:48Z | |
dc.date.issued | 2018-05 | |
dc.identifier.citation | [1] Djadir, dkk. 2017. Modul PLPG. Alat Peraga dalam Geometri Ruang. Jakarta : Kemdikbud. Dirjen GTK. [2] Fajriah, Noor dan Selfina Soraya. Penerapan Outdoor Learning dengan Media Klinometer Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tahun 2017. [3] Mensah, Farouq Sessah. Ghanaian Senior High School Students’Error in Learning of Trigonometry. International Journal of Environmental and Science Education. Volume 12 N0. 8. Tahun 2017. [4] Pitwakul, Pimpalak Wonga. Enhancing High School Students’ Conceptual Understanding of the Linkage between the Earth and Trigonometry through an Inquiry Based Learning Unit. The International Journal of Learning. Volume 18. Issue 2 tahun 2011. [5] Ratnasari, Gamarina Isti. Analisis Penerapan Trigonometri Menggunakan Media Klinometer Terhadap Strategi Pemecahan Masalah. UNY : Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Tahun 2017 [6] Setiawan. 2004. Pembelajaran Trigonometri Berorientasi PAKEM di SMA. Yogyakarta : Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika. [7] Sokolowski, Andrzej dan Robin Rackley. Teaching Harmonic Motion in Trigonometry : Inductive Inquiry Supported by Physics Simulations. Australian Senior Mathematics Journal 25 (1). Tahun 2011. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10132 | |
dc.description.abstract | Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada materi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam bentuk tes uraian dan catatan observasi . Analisa data yang dilakukan adalah reduksi data dan penyajian data. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data tes uraian dan catatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang semula aktif hanya 36,11% menjadi 91,67% dan ketuntasan belajar siswa dari 25% naik menjadi 83,33%. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018 | id_ID |
dc.subject | klinometer | id_ID |
dc.subject | aktivitas | id_ID |
dc.subject | trigonometri | id_ID |
dc.title | Alat Peraga Klinometer BBPP untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |