Navigasi Objek Virtual Bergerak Bebas Untuk Augmented Reality Menggunakan Kamera 3D Intel Realsense
dc.contributor.author | Nuryono, Aninditya Anggari | |
dc.contributor.author | Ardiyanto, Igi | |
dc.contributor.author | Wibirama, Sunu | |
dc.date.accessioned | 2018-07-14T03:58:03Z | |
dc.date.available | 2018-07-14T03:58:03Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Anisyah, A. S., Rusmin, P. H., & Hindersah, H. (2015). Route optimization movement of tugboat with A* tactical pathfinding in SPIN 3D simulation. In 2015 4th International Conference on Interactive Digital Media (ICIDM) (pp. 1–5). https://doi.org/10.1109/IDM.2015.7516319 Ariyana, Y., & Wuryandari, A. I. (2012). Basic 3D interaction techniques in Augmented Reality. In 2012 International Conference on System Engineering and Technology (ICSET) (pp. 1–6). https://doi.org/10.1109/ICSEngT.2012.6339281 Bedoya-Rodriguez, S., Gomez-Urbano, C., Uribe-Quevedoy, A., & Quintero, C. (2014). Augmented reality RPG card-based game. In 2014 IEEE Games Media Entertainment (pp. 1–4). https://doi.org/10.1109/GEM.2014.7118433 Gusman, R., & Apriyani, M. E. (2016). Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuh. Infotel, 8(1), 64–70. John, S. D., Sentinuwo, S. R., Lumenta, A. S. M., Informatika, T., Sam, U., Manado, R., … Bahu, U. (2017). Perancangan Aplikasi Pencarian Lokasi Ruang Kantor Pusat Universitas Sam ratulangi Berbasis Posisi dan Augmented Reality. E-Journal Teknik Informatika, 12(1). Keselman, L., Woodfill, J. I., Grunnet-Jepsen, A., & Bhowmik, A. (2017). Intel(R) RealSense(TM) Stereoscopic Depth Cameras. 2017 IEEE Conference on Computer Vision and Pattern Recognition Workshops (CVPRW), 1267–1276. https://doi.org/10.1109/CVPRW.2017.167 Reynolds, C. (1999). Steering Behaviors For Autonomous Characters. In Game Developers (pp. 763–782). California: Miller Freeman Game Group. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10144 | |
dc.description.abstract | Augmented Reality adalah sebuah teknik untuk menggabungkan konten digital dengan dunia nyata secara real time. Kamera 3D Intel RealSense digunakan untuk menghasilkan konten digital pada Augmented Reality berbasis markerless. Kamera ini merekonstruksi lingkungan nyata secara tiga dimensi. Scene perception merupakan metode untuk merekonstruksi ulang lingkungan nyata secara tiga dimensi. Pemanfaatan kamera ini pada Augmented Reality berupa autonomous agent. Autonomous agent memiliki fungsi navigasi agar sampai ke titik tujuan dengan mencari jalur yang disebut pathfinding. Autonomous agent miliki tiga perilaku yaitu seek, arrive, dan action selection. Perilaku-perilaku ini digunakan autonomous agent agar sampai ke titik tujuan dengan menghindari halangan virtual dan nyata yang ada di dunia nyata. Metode scene perception digunakan untuk membuat sebuah mesh. Mesh ini merupakan grid virtual di dunia nyata yang digunakan sebagai area Augmented Reality. Hasil navigasi dari autonomous agent menggunakan metode scene perception pada Augmented Reality dapat bekerja dengan baik. Autonomous agent dapat menuju ke titik tujuan dengan menghindari halangan virtual dan nyata. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Navigasi Objek Virtual Bergerak Bebas Untuk Augmented Reality Menggunakan Kamera 3D Intel Realsense | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
Membudayakan Literasi Matematika Untuk Penguatan Karakter