dc.identifier.citation | Anonim, 2011, Bridging Course mata pelajaran Matematika , Depdiknas Republik Indonesia. Anonim, 2014, Matematika X, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anonim, ---, Daftar Logaritma, Surabaya : Apollo Lestari. Sharma S.N, 2013, Matematika 1B, Jakarta : Yudhistira. Sukino, 2014, Matematika 1B, Jakarta : Erlangga Catur. Joko Wisnu, Usaha Penanaman Konsep Perkalian dan Pemebagian Yang Bermakna Pada Bilangan Bulat Dengan, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Inovasi Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Tantangan Global” , 2017UMP Purworejo, 454 – 458. Anonim, Definisi Matematika Dasar, rumushitng.com Anonim, matematikasmpkelas7.blogspot.com http://www.seputarpengetahuan.com/2016/09/pengertian-konsep-dan-ciri-cirikonsep- beserta-fungsinya.html (17/04/2017) (12:34) http://www.kompasiana.com/rudyristiyanto/pembelajaran-terpadu-sarat-akanpenanaman- konsep-yang-bermakna_5500383da33311fb6f51032f (17/4/2017) (11:42) http://khaidir-sf.blogspot.co.id/2013/10/perlunya-penanaman-konsep-kepadasiswa. html (17/4/2017)(11:56) https://nellahutasoit.wordpress.com/2011/11/18/konsep-belajar/ (17/04/2017)(12:26) http://www.kompasiana.com/nesiafitri/konsep-dasarperkalian_ 54f4bc5b745513a12b6c8c39( 26/4/2017)(11:38) https://r4dim.wordpress.com/2014/09/23/penjelasan-guru-matematikaperkalian- kelas-2-sd/ (26/4/2017)(11:45) http://www.academia.edu/9020852/KONSEP_PERKALIAN_DAN_PEMBAG IAN (26/4/2017) (11:52) https://azhariumar.blogspot.co.id/2015/01/konsep-pembagian-pada-bilanganbulat. html (10/05/2017) (07:24) Hariyanto, 2012, Pengertian Media Pembelajaran diakses dari belajarpsikologi.com | id_ID |
dc.description.abstract | Penyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas hebat, maka harus membudayakan kegiatan
literasi. Kita perlu membudayakan literasi matematika. Dalam kegiatan budaya literasi diharapkan
tumbuh karakter bagus. Kemampuan siswa SMK dalam memahami Konsep Perbandingan
Trigonometri masih mengalami kesulitan. Mereka kesulitan mengkonkretkan Trigonometri pada
sudut pembatas kuadran. Kesulitan tersebut dapat terselesaikan dengan media pembelajaran dan
alat peraga Lipstick dan Lingkar Santri. Hasil dari pembelajaran menggunakan media
pembelajaran ini memicu siswa untuk kreatif dan menyenangkan. Siswa terbiasa membaca dalam
Literasi. Sedangkan kesulitan dalam memvisualisasikan sisi depan, samping untuk sudut acuan
sudut pembatas kuadran dapat kita gunakan Lingkaran Santri atau alat peraga lain yang relevan.
Penggunaan alat ini dalam pembelajaran perbandingan Trigonometri diharapkan tumbuh karakter
yang bagus. Siswa latihan berlaku adil, teliti dan kritis. Muncu jugal budaya membaca / literasi
pengetahuan teknologi dan religius. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tumbuh tidaknya
karakter budaya literasi dan religius serta siswa mampu menentukan Perbandingan Trigonometri
berbagai sudut. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas tetapi jenisnya bisa penelitian
kualitatif dan atau penelitian Kuantitatif, Sedangkan metode pendekatannya menggunakan
kombinasi Metode pembelajaran terbimbing, demontrasi, dan Unjuk Kerja. Dari hasil penelitian
diharapkan; siswa mau dan mampu membiasakan kegiatan budaya literasi dan religius serta siswa
mampu menentukan perbandingan Trigonometri sembarang sudut. | id_ID |