Show simple item record

dc.contributor.authorCatur, Joko Wisnu
dc.date.accessioned2018-07-14T04:38:48Z
dc.date.available2018-07-14T04:38:48Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAnonim, 2011, Bridging Course mata pelajaran Matematika , Depdiknas Republik Indonesia. Anonim, 2014, Matematika X, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anonim, ---, Daftar Logaritma, Surabaya : Apollo Lestari. Sharma S.N, 2013, Matematika 1B, Jakarta : Yudhistira. Sukino, 2014, Matematika 1B, Jakarta : Erlangga Catur. Joko Wisnu, Usaha Penanaman Konsep Perkalian dan Pemebagian Yang Bermakna Pada Bilangan Bulat Dengan, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Inovasi Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Tantangan Global” , 2017UMP Purworejo, 454 – 458. Anonim, Definisi Matematika Dasar, rumushitng.com Anonim, matematikasmpkelas7.blogspot.com http://www.seputarpengetahuan.com/2016/09/pengertian-konsep-dan-ciri-cirikonsep- beserta-fungsinya.html (17/04/2017) (12:34) http://www.kompasiana.com/rudyristiyanto/pembelajaran-terpadu-sarat-akanpenanaman- konsep-yang-bermakna_5500383da33311fb6f51032f (17/4/2017) (11:42) http://khaidir-sf.blogspot.co.id/2013/10/perlunya-penanaman-konsep-kepadasiswa. html (17/4/2017)(11:56) https://nellahutasoit.wordpress.com/2011/11/18/konsep-belajar/ (17/04/2017)(12:26) http://www.kompasiana.com/nesiafitri/konsep-dasarperkalian_ 54f4bc5b745513a12b6c8c39( 26/4/2017)(11:38) https://r4dim.wordpress.com/2014/09/23/penjelasan-guru-matematikaperkalian- kelas-2-sd/ (26/4/2017)(11:45) http://www.academia.edu/9020852/KONSEP_PERKALIAN_DAN_PEMBAG IAN (26/4/2017) (11:52) https://azhariumar.blogspot.co.id/2015/01/konsep-pembagian-pada-bilanganbulat. html (10/05/2017) (07:24) Hariyanto, 2012, Pengertian Media Pembelajaran diakses dari belajarpsikologi.comid_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10148
dc.description.abstractPenyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas hebat, maka harus membudayakan kegiatan literasi. Kita perlu membudayakan literasi matematika. Dalam kegiatan budaya literasi diharapkan tumbuh karakter bagus. Kemampuan siswa SMK dalam memahami Konsep Perbandingan Trigonometri masih mengalami kesulitan. Mereka kesulitan mengkonkretkan Trigonometri pada sudut pembatas kuadran. Kesulitan tersebut dapat terselesaikan dengan media pembelajaran dan alat peraga Lipstick dan Lingkar Santri. Hasil dari pembelajaran menggunakan media pembelajaran ini memicu siswa untuk kreatif dan menyenangkan. Siswa terbiasa membaca dalam Literasi. Sedangkan kesulitan dalam memvisualisasikan sisi depan, samping untuk sudut acuan sudut pembatas kuadran dapat kita gunakan Lingkaran Santri atau alat peraga lain yang relevan. Penggunaan alat ini dalam pembelajaran perbandingan Trigonometri diharapkan tumbuh karakter yang bagus. Siswa latihan berlaku adil, teliti dan kritis. Muncu jugal budaya membaca / literasi pengetahuan teknologi dan religius. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tumbuh tidaknya karakter budaya literasi dan religius serta siswa mampu menentukan Perbandingan Trigonometri berbagai sudut. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas tetapi jenisnya bisa penelitian kualitatif dan atau penelitian Kuantitatif, Sedangkan metode pendekatannya menggunakan kombinasi Metode pembelajaran terbimbing, demontrasi, dan Unjuk Kerja. Dari hasil penelitian diharapkan; siswa mau dan mampu membiasakan kegiatan budaya literasi dan religius serta siswa mampu menentukan perbandingan Trigonometri sembarang sudut.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePenanaman Karakter pada Perbandingan Trigonometri Sudut Pembatas Kuadran dengan LSP, Alat Peraga/Media Pembelajaranid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record