Desain Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik untuk Mendorong Budaya Literasi Matematika
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu aspek yang penting dalam suatu proses perkuliahan, di dalamnya
terdapat petunjuk-petunjuk bagaimana seorang mahasiswa dapat mencapai target perkuliahan.
Dalam upaya mendorong kemampuan literasi matematika diperlukan suatu cara untuk mendesain
bahan ajar yang sesuai. DDR atau Didactical Design Research dipilih sebagai metode untuk
menyusunnya. Pada segitiga DDR diperlihatkan interaksi tiga komponen utama yaitu pengajar,
mahasiswa, dan materi itu sendiri. Jika ketiga hal ini mampu terkolaborasi dengan baik maka bahan
ajar yang ada dapat mendorong literasi matematika mahasiswa. Dari hasil penyusunan diperoleh
hasil bahwa bahan ajar yang mendorong literasi mampu memperlihatkan kebermaknaan pada
kehidupan terdekat dengan mahasiswa atau setidaknya dengan disiplin ilmu lain yang dikuasai
mahasiswa. Sehubungan dengan hal itu diperlukan riset lanjutan yang lebih mendalam mengenai
budaya literasi matematika itu sendiri.