Implementasi Interpretation-Construction Design Model Terhadap Kemampuan Pemodelan Matematis Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika menggunakan
Interpretation-construction design model (disingkat ICON-model) terhadap kemampuan pemodelan
matematis. Explanatory sequential design digunakan dalam penelitan ini, dengan unit sampel
penelitian ditentukan berdasarkan perlakuan pembelajaran (ICON-model dan Pembelajaran
biasa). Subjek sampel yang digunakan adalah siswa kelas X pada pokok bahasan persamaan dan
fungsi kuadrat. Dua jenis instumen digunakan dalam penelitian ini, yaitu: instrumen pembelajaran
memuat bahan ajar yang telah disesuaikan dengan: sintakmatis ICON-model dan indikator
kemampuan pemodelan matematis; dan instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemodelan
matematis dan non-tes (lembar observasi, wawancara, dan analisis kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal-soal pemodelan matematis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
interpretation-construction design model memberikan pengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan pemodelan matematis. Selama pembelajaran berlangsung, ICON-model memberikan
dampak terhadap pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam materi persamaan dan
fungsi kuadrat. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis jawaban siswa diperoleh simpulan bahwa
kesalahan umum yang dilakukan oleh siswa terletak kepada kesalahan prosedural.