Mengaitkan Aspek Materi Prasyarat dalam Soal Eksplorasi Olimpiade Guru Nasional Matematika SMP Tahun 2017
dc.contributor.author | Memolo, Tundung | |
dc.date.accessioned | 2018-07-16T05:54:52Z | |
dc.date.available | 2018-07-16T05:54:52Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Debrenti, Edith. (2015). Visual Representations In Mathematics Teaching: An Experiment With Students. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1064387 Ernest, Paul. (2004). The Philosophy of Mathematics Education. Paris : Taylor & Francis Group. Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Ibad, Saiful.(2008). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Gaung Persada Press Nawawi, Hadari.,& Martini, Mimi. (2005). Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press Nakamura, Akira. (2014). Hierarchy Construction of Mathematical Knowledge. Diakses dari http://www.lnit.org/uploadfile/2014/0902/20140902011718511.pdf Rasyidin, Waini.(2016). Pedagogik Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya Shadiq, Fadjar.(2007). Hirarki Belajar:Suatu Teori Dari Gagne. Diakses Dari https://fadjarp3g.files.wordpress.com/2007/09/01-hirarki pelangi_.pdf . Shadiq, Fadjar. (2011). Eksplorasi Matematika di SD/MI: Contohnya, Pengertiannya, dan Keunggulannya. Diakses dari https://fadjarp3g.files.wordpress.com/2011/03/10-eksplorasidisd fasilitator .pdf | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10166 | |
dc.description.abstract | Soal eskplorasi merupakan soal yang mengembangkan aspek berpikir siswa yang menghubungkan dan mengaitkan materi – materi prasyarat, menyimpulkan dan melakukan analisis yang logis, membuat model matematikanya, menyusun dugaan, menyusun pola atau keteraturan dan berabstraksi. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah materi prasyarat apa saja yang diperlukan dalam menyelesaikan soal eksplorasi pada studi kasus soal eksplorasi saat presentasi OGN matematika tahun 2017. Tujuan kajian ini adalah mengetahui materi prasyarat apa saja yang diperlukan dalam menyelesaikan soal eksplorasi pada studi kasus soal eksplorasi saat presentasi OGN 2017. Metodologi kajian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berusaha menganalisis penyelesaian soal ekplorasi dalam tahapan presentasi Olimpiade Guru Nasional Matematika tahun 2017. Hasil kajian menunjukkan bahwa materi prasyarat yang diperlukan dalam penyelesaian soal ekplorasi ini adalah menentukan garis tinggi pada segitiga sama sisi; menggunakan teorema pythagoras; menentukan luas segitiga ; memahami konsep perbandingan luas pada dua bangun datar; menentukan kesebangunan antar bangun datar; dan penarikan akar. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Mengaitkan Aspek Materi Prasyarat dalam Soal Eksplorasi Olimpiade Guru Nasional Matematika SMP Tahun 2017 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
Membudayakan Literasi Matematika Untuk Penguatan Karakter