Literasi Matematika dalam Pengolahan Data Statistika SMP
Abstract
Pembelajaran merupakan bentuk komunikasi dan interaksi antara peserta didik dengan lingkungan
belajar. KTSP memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan
beragam informasi dari lingkungan tersebut melalui beragam kegiatan. Salah satu kegiatan untuk
mengembangkan kemampuan belajar peserta didik adalah melalui literasi. Literasi matematika
menjadi populer semenjak masuk dalam pembahasan PISA. Gagasan literasi matematika diawali
dengan pengembangan literasi numerik dan literasi kuantitatif. Literasi matematika mencakup
kemampuan siswa dalam literasi numerik, kuantitatif, dan spasial, oleh karena itu literasi
matematika didefinisikan sebagai kegiatan siswa yang menggunakan kemampuan bertanya,
mengidentifikasi, menguhubungkan, menafsirkan, dan menggeneralisasi sebuah permasalahan
nyata yang berhubungan dengan aspek numerik ataupun spasial. Kegiatan literasi matematika
sangat tepat digunakan dalam pengolahan data statistika karena siswa dapat melakukan kegiatan
literasi yang menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana menerapkan literasi matematika
dalam pengolahan data statitistika SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif berbasis penilaian unjuk kerja yang menggunakan pengalaman nyata
dari peserta didik dengan subjek siswa kelas 9A SMPN 2 Kalibawang. Hasil persentase rata – rata
dari pengolahan data statistika kelas 9A yaitu sebesar 83,75% yang menunjukkan bahwa
pembelajaran statistika dengan menerapkan literasi matematika telah berjalan dengan baik.