Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Realistik untuk Siswa Tunarungu Kelas IV Materi Operasi Bilangan Bulat
View/ Open
Date
2018-03Author
Sulisetiawati, Erlida Nova
Maulidiah, M
Suparman, S
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan desain pembelajaran matematika
realistik untuk siswa tuna rungu kelas IV SLB N 2 Bantul pada materi operasi bilangan bulat dan
apa saja yang diperlukan dalam mendesain pembelajaran matematika realistik untuk siswa tuna
rungu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpul data
berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar tes. Subjek penelitian ini adalah siswa
dan guru matematika kelas IV di SLB N 2 Bantul. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa desain
pembelajaran matematika realistik untuk siswa tuna rungu kelas IV SLB N 2 Bantul pada materi
operasi bilangan bulat dibutuhkan. Dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya desaindesain
penbelajaran matematika realistik yang menarik.