Show simple item record

dc.contributor.authorHandayani, Ita
dc.date.accessioned2018-07-17T03:32:17Z
dc.date.available2018-07-17T03:32:17Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAkinsola, M. K. & Odeyemi, E. O. (2014). Effects Of Mnemonic And Prior Knowledge Instructional Strategies On Students’ Achievement In Mathematics. International Journal of Education and Research, Vol. 2 No. 7. Diakses dari http://www.ijern.com/journal/July-2014 Cockcroft, W. H. (1986). Mathematics Counts. London: HMSO Depsiknas. 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas Djaali & Muljono, P. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Garsindo Miller, R.G. & Calfee, R.C. (2004). Making Thinking Visible: A Method To Encourage Science Writing In The Upper Elementary Grades. Science and Children, (42) 3, 20-25. Diakses dari http://digitalcommons.chapman.edu/education_articles/23 Mullis, Ina V.S, et al., et al. (2011). TIMSS 2011 International Result In Mathematics. US: TIMSS & PIRLS International Study Center Naga, D. S. (2009). Teori Skor pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT. Nagarani Citrayasa Rahayu,R. & Kartono. (2012). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 Impact Factor (2012): 3.358. Diakses dari http://www.ijsr.net/archive/v3i10 Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Shadish, W. R, Cook, T. D. & Campbell, D. T. (2002). Experimental And Quasi-Eksperimental Design for Generalized Causal Inference. Boston: Houghton Mifflin Co Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Surapranata, S. (2006). Analisis, Validitas, Relibilitas dan Interpretasi Hasil Tes Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Suyono. (2015). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublishid_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10175
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE dengan pembelajaran ekspositori dan kemampuan awal matematika dalam meningkatkan disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 × 2 treatment by level. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket disposisi matematis dan tes kemampuan awal matematika. Populasi penelitian adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Jakarta Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data yang dianalisis yaitu n-gain ternormalisasi dengan teknik analisis menggunakan twoway ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan disposisi matematis peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran CORE secara keseluruhan lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan disposisi matematis, 3) Peningkatan disposisi matematis peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi yang mendapat perlakuan model pembelajaran CORE lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori, 4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran CORE dengan peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori pada peserta didik kemampuan awal matematika rendah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Core dalam Meningkatkan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Peserta Didik SMP Negeri di Jakarta Selatanid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record