• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Stad dengan Metode Eksperimen Berbasis AFL

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.489Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Nurudin, M
    Riyadi, R
    Subanti, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan Data Pamer Hasil Ujian Nasional Tahun 2015/2016 pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BSRL) dengan indikator sebuah kerucut diameternya diperbesar x kali dan tingginya y kali, peserta didik dapat menghitung volume kerucut yang baru jika volume kerucut awal diketahui (x dan y bilangan asli kurang dari 5) dari 124 sekolah SMP/MTs yang ada di kabupaten Klaten dengan jumlah siswa 17778 daya serapnya adalah 26,50 %. Daya serap yang rendah menunjukan siswa masih kesulitan dalam mempelajari materi tersebut karena sebagian besar siswa hanya menghafal rumus tanpa memahami konsepnya sehingga mereka akan mengalami kesulitan bila terdapat pengembangan soal yang membutuhkan penalaran dan logika. Kesulitan belajar siswa dipengaruhi lima faktor, yaitu: (1) faktor fisiologis, (2) faktor sosial, (3) faktor emosional, (4) faktor intelektual, (5) faktor pedagogis. Faktor pedagogis kurang tepatnya guru mengelola pembelajaran dan menerapkan metodologi akan berpengaruh pada kemudahan atau kesulitan siswa dalam belajar. Kecenderungan guru sering menggunakan model langsung dalam pembelajaran dan belum melakukan penilaian untuk pembelajaran atau Assesmen for Learning (AfL), untuk itu diperlukan pemilihan model dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa. Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan metode Eksperimen Berbasis AfL merupakan model yang dapat membangun kerjasama dan mampu membangkitkan kreativitas pembelajaran karena dalam pelaksanaannya siswa bekerja berkelompok dan melakukan percobaan untuk memperoleh pengetahuan dan untuk menghindari kesalahan dalam mengambil kesimpulan dilakukan penilaian dalam proses pembelajaran yang disebut Assesmen for Learning (AfL). Makalah ini akan menganalisis bagaimana implementasi model STAD dengan metode eksperimen berbasisis AfL karena penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari 2018 s/d bulan April 2018.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10176
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV