Show simple item record

dc.contributor.authorSutaya, S
dc.date.accessioned2018-07-17T03:55:22Z
dc.date.available2018-07-17T03:55:22Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationBudiyono, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surakarta, Sebelas Maret University Press. Sardiman A.M, 1987, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Saifuddin Azwar, 2005, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Suparno. Paul, (1997), Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius Siti Hapsari Budi Argiati, 1989, Materi Kuliah Psikologi Pendidikan, Yogyakarta. Sutarto Hadi, 2005, Pendidikan Realistik, Banjarmasin : Tulip. Sutarto Hadi, 2007, Keberaksaraan Matematika, Majalah PMRI Vol. V Januari 2007, Bandung, Ip-PMRI. Marpaung. Y, 2001, Psikologi Pembelajaran Matematika, disampaikan dalam Penataran Guru SLTP/SMU se-Indonesia di PPPG Matematika YK. Winkel. W.S, ( 1986), Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia Winkel. W.S, (1996), Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia http://en.wikipedia.org/wiki/Mathematic, (definitions of mathematic) http://en.wikipedia.org/wiki/Definitions_of_mathematics,(definitions of mathematic) http://dictionary.reference.com/browse/attitudeid_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10177
dc.description.abstractDalam pembelajaran matematika di kelas XII MIPA UNGGULAN 1, khususnya materi dimensi tiga, peneliti sekaligus guru mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika. Hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam memahami konsep matematika sehingga mengakibatkan kesalahan-kesalahan dalam mengerjakan soal, mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa/ nilai baik dalam ulangan harian, ulangan tengah semester, maupun ulangan semester. Dalam proses pembelajaran di kelas biasanya guru memberikan tugas (pemantapan) secara kontinu berupa latihan soal. Kondisi riil dalam pelaksanaan latihan yang diberikan tidak sepenuhnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika. Berkaitan dengan pokok permasalahan di atas, penulis memilih menggunakan pendekatan pembelajaran realistik sebagai suatu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep deret geometri tak hingga. Tujuan penelitian:1. Untuk meningkatkan pemahaman konsep dimensi tiga, 2. Untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika, 3. Untuk meningkatkan kualitas gurru dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian:deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran realistik, hasil pemahaman siswa pada materi dimensi tiga, sebagaiberikut: 80 % mengalami kenaikan, 10% tidak mengalami kenaikan dan 10% mengalami kesulitan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titleUpaya Meningkatkan Pemahamam Konsep Dimensi Tiga Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Realistik Pada Siswa Kelas XII MIPA Unggulan 1 SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record