dc.identifier.citation | Budiyono, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surakarta, Sebelas Maret University Press. Sardiman A.M, 1987, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Saifuddin Azwar, 2005, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Suparno. Paul, (1997), Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius Siti Hapsari Budi Argiati, 1989, Materi Kuliah Psikologi Pendidikan, Yogyakarta. Sutarto Hadi, 2005, Pendidikan Realistik, Banjarmasin : Tulip. Sutarto Hadi, 2007, Keberaksaraan Matematika, Majalah PMRI Vol. V Januari 2007, Bandung, Ip-PMRI. Marpaung. Y, 2001, Psikologi Pembelajaran Matematika, disampaikan dalam Penataran Guru SLTP/SMU se-Indonesia di PPPG Matematika YK. Winkel. W.S, ( 1986), Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia Winkel. W.S, (1996), Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia http://en.wikipedia.org/wiki/Mathematic, (definitions of mathematic) http://en.wikipedia.org/wiki/Definitions_of_mathematics,(definitions of mathematic) http://dictionary.reference.com/browse/attitude | id_ID |
dc.description.abstract | Dalam pembelajaran matematika di kelas XII MIPA UNGGULAN 1, khususnya materi dimensi tiga,
peneliti sekaligus guru mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan konsep
matematika. Hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam memahami konsep matematika
sehingga mengakibatkan kesalahan-kesalahan dalam mengerjakan soal, mengakibatkan rendahnya
prestasi belajar siswa/ nilai baik dalam ulangan harian, ulangan tengah semester, maupun ulangan
semester. Dalam proses pembelajaran di kelas biasanya guru memberikan tugas (pemantapan)
secara kontinu berupa latihan soal. Kondisi riil dalam pelaksanaan latihan yang diberikan tidak
sepenuhnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika.
Berkaitan dengan pokok permasalahan di atas, penulis memilih menggunakan pendekatan
pembelajaran realistik sebagai suatu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep deret geometri
tak hingga. Tujuan penelitian:1. Untuk meningkatkan pemahaman konsep dimensi tiga, 2. Untuk
meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika, 3. Untuk meningkatkan kualitas gurru dalam
pembelajaran matematika. Metode penelitian:deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: Dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran realistik, hasil pemahaman siswa pada materi dimensi
tiga, sebagaiberikut: 80 % mengalami kenaikan, 10% tidak mengalami kenaikan dan 10%
mengalami kesulitan. | id_ID |