dc.contributor.author | Triyuwono, Abdulah Sugeng | |
dc.contributor.author | Sutaya, S | |
dc.date.accessioned | 2018-07-17T04:11:51Z | |
dc.date.available | 2018-07-17T04:11:51Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Budiyono, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surakarta, Sebelas Maret University Press Hisbiyatul Hasanah, 2016, https://aminsilalahi.files.wordpress.com/2016/06/isi_prosiding.pdf Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002, Jakarta, Balai Pustaka Ratnasari Dwi Ade Chandra, 2016, https://aminsilalahi.files.wordpress.com/2016/06/isi_prosiding.pdf Marpaung. Y, 2001, Psikologi Pembelajaran Matematika, disampaikan dalam Penataran Guru SLTP/SMU se-Indonesia di PPPG Matematika Yk. Sutarto Hadi, 2005, Pendidikan Realistik, Banjarmasin: Tulip Sutarto Hadi, 2007, Keberaksaraan Matematika, Majalah PMRI Vol. V, Januari 2007, Bandung, IP-PMRI | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10179 | |
dc.description.abstract | Nopember 2017, terjadi perkelaian pelajar di lingkungan sekolah. Penyebabnya salah satu anak
perempuan mengalami perundungan (bullying). SMK Negeri 2 Gedangsari, mempunyai visi dan
misi untuk mempersiapkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, berakhlaq mulia, mandiri,
serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru
sebagai pengelola kelas harus mengubah proses pembelajaran matematika agar menumbuhkan
kedewasaan pada peserta didik, melalui pendekatan pembelajaran realistik berbasis budaya dan
kearifan lokal menggunakan konsep pemahaman suku sejenis / tak sejenis. Tujuan
penelitian:1.Untuk membangun sikap positif peserta didik dalam bergaul dengan orang lain. 2.
Untuk membiasakan tingkah laku yang sopan-santun, toto kromo, ungah-ungguh, sesuai dengan
budaya serta ajaran agama atau keyakinan yang dianut. 3. Menumbuhkan semangat demokratis,
rukun, kompak dan kerja sama yang baik. Metode penelitian: deskriftif kualitatif. Hasil penelitian:
1.Menumbuhkan peserta didik, untuk membiasakan tingkah laku yang sesuai dengan budaya positif
yang berlaku di lingkungannya: sebanyak 60% mengalami kenaikan 30% tidak terpengaruh, 10%
mengalami penurunan. 2. Menumbuhkan semangat saling menghargai dalam bergaul dengan
sesamanya, tanpa merendahkan hak dan martabat orang lain: sebanyak 50% mengalami kenaikan,
30% tidak terpengaruh, 20% mengalami penurunan. 3. Menumbuhkan semangat demokratis, rukun,
kompak dan kerja sama yang baik: sebanyak 80% mengalami kenaikan, 18% tidak terpengaruh, 2
% mengalami penurunan. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan, Pergaulan Bebas Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Menggunakan Konsep Pemahaman Suku Sejenis / Tak Sejenis Pada Peserta Didik Kelas XI BB 3 SMK Negeri 2 Gedangsari Tahun Pelajaran 2017/2018 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |