dc.identifier.citation | Ababneh, S. (2015). Learning Style and Preferences of Jordanian EFL Graduate Students. Journal of Education and Practice. 6(15), 2222-1735. Aydin, B. (2016). Examinition of the Relationship between Eighth Grade Students’ Learning Styles and Attitudes towards Mathematics. Journal of Education and Training Strudies, 4(2), 2324-8068. Bire, A. L, Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. 44(2), 168-174. DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa. Gita, P., Dantes, & Sariyasa. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4. Jihad, A., & Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Kemendikbud. (2017). “Hasil UN 2017” (online) (https://kemdikbud.go.id/main/files/download/9c7fdf36a39328d)., diakses tanggal 23 September 2017). Organisation for Economic Comperation and Development. (2015). “Program for International Student Asseemen (PISA) Result from PISA 2015” (online) (https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf , diakses tangal 8 September 2017). Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasnya. Jakarta: Prestasi Pustaka. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi penelitian
delapan kelas, kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta tahun 2017/2018. Sampel penelitian dua kelas
yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random
sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik
analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan uji prasyarat
normalitas dan homogenitas. Kelas eksperimen dikenai strategi pembelajaran Reciprocal Teaching
dan Problem Based Learning untuk kelas kontrol. Proses pembelajaran kelas eksperimen meliputi
kegiatan merangkum, mengajukan pertanyaan dan jawaban, meprediksi, serta menjelaskan
kembali. Proses pembelajaran kelas kontrol meliputi menyadari masalah, merumuskan masalah,
hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menentukan penyelesaian. Gaya belajar
dalam penelitian ini dibagi mejadi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Hasil penelitian
diperoleh tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Siswa dengan
gaya belajar visual mempunyai hasil belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya
belajar auditorial atau kinestetik | id_ID |