dc.contributor.author | Yulianto, Florensius Widodo | |
dc.date.accessioned | 2018-07-17T05:34:15Z | |
dc.date.available | 2018-07-17T05:34:15Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Akker, Jan Van Den, Gravemeijer K., McKenney S., dan Nieveen N.. (2006). Educational Design Researh. New York: Taylor and Francis Group Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu Bakker, A.(2004). Design Research in Statistics Education. Utrech: CD-β Press Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. Educational Design Research : a Theoretical Franework for Action Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik dan implementasinya. Yogyakarta: Tulip. Julie, H. (2016). Karakteristik Intertwining dalam Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar: Jurnal Sekolah Dasar. Vol. 25, No.2, hlm 109- 120. Kusumah, Y.S. (2003). Pengembangan Model Computer Based Media geogebra untuk Meningkatkan HighOrder Mathematical Thinking Siswa SMA. Usul penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi. Bandung. Prahmana, R.C.I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Rajawali Pers. Suryanto. (2010). Sejarah Pendidikan Matematika Realistik Indonesian (PMRI). Yogyakarta: Tidak diterbitkan. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10185 | |
dc.description.abstract | Struktur dan konsep matematika saling berkaitan (intertwining) sehingga kegiatan eksplorasi
dibutuhkan untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain pembelajaran dalam menemukan hubungan
diskriminan dengan banyaknya anggota himpunan penyelesaian dari SPLK berdasarkan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA)
swasta di Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 dan penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Oktober 2017. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian desain
riset dengan pendekatan PMR. Pada kegiatan pembelajarannya, siswa diberikan masalah untuk
menggambar suatu SPLK agar siswa dapat mengetahui bagaimana kedudukan garis terhadap
parabola dengan bantuan aplikasi geogebra. Masalah selanjutnya yang dikerjakan siswa adalah
menyelesaikan SPLK dengan metode aljabar kemudian menguji diskriminan persamaan kuadrat
baru yang dihasilkan dan diakhiri dengan memberi kesimpulan. Dari pembelajaran yang telah
dilaksanakan siswa terlihat antusias dan dari penelitian ini juga disimpulkan bahwa siswa dapat
memahami hubungan antara diskriminan dari persamaan kuadrat baru dengan banyaknya anggota
himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat (SPLK). | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Topik Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |