Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah
terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian
ini berdasarkan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 202 siswa yaitu
kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sampel penelitian 134 siswa ditentukan dengan rumus
Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik
pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada
analisis regresi linier berganda tiga prediktor dengan uji asumsi uji T, uji F, dan uji R2. Hasil dari
penelitian ini ada kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah
berkontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar dengan
α = 0,05. Secara parsial, kontribusi keaktifan siswa berkontribusi secara langsung terhadap hasil
belajar matematika. Fasilitas belajar berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar
matematika. Pergaulan di sekolah berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika
dan secara tidak langsung berkontribusi positif melalui motivasi belajar. Besarnya sumbangan
efektif secara simultan sebesar 77,6%.