dc.identifier.citation | Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. Budiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Surakarta: UNS Press. Chianson, M. M., O’kwu, Kurumeh, I. E., & Seraphina, M. (2015). Effect of Think-Pair-Share Strategy on secondary school mathematics students’ achievement and academic self-esteem in fractions. American International Journal, 2(2), 141-147. Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada siswa SMP Negeri 15 Lhokseumawe. Jurnal Didaktika Matematika, 1(1), 21-34. Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogjakarta: Penerbit Gava Media. Gurria, Angel. (2016). PISA 2015 Result in Focus. Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/ Heleni, S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 23 Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 41-51. Jihad, A. & Haris, A. (2010). Evaluasi pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Diakses dari https://kemenag.go.id Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konferensi Pers UN 2017 Jenjang SMP. Diakses dari https://kemdikbud.go.id/ Melyawati. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair- Share(TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung bentuk aljabar di SMP Negeri 13 Palu. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 03, No. 02, 210-219. Narzoles, D. T. G. 2012. Think-Pair-Share: Its Effect On The Academic Performance Of Esl. International Journal of Literature, Linguistics & Interdisciplinary Studies International Journal of Literature, Linguistic & Study Interdisipliner. Vol. 1. No. 3. pp. 22-26. NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Drive, Reston, VA: The NCTM Paridjo, & Waluya, B. (2017). Analysis mathematical communication skills students in the matter algebra based NCTM. IOSR Journal of Mathematics. Vol. 13,No. 1, 60-66. Pouravood, R. G., & Wachira, P. (2015). Importance of mathematical communication and discourse in secondary classrooms. Double blind peer reviewed international research journal, 15(10), 9-20. Pramugarini, D. Y., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2014). Eksperimen model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) ditinjau dari aktivitas belajar matematika. Jurnal elektronik Pembelajaran Matematika, 2(3), 250-259. Retnawati. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir. Yogjakarta: Parama Publishing. Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan : jenis, metode dan prosedur. Jakarta: Kencana Simanjuntak, M. (2015). Peningkatan kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa SMP pada materi transformasi dengan strategi Thnik- Talk-Write (TTW) berbantuan kartu domino. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-16. Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta. | id_ID |