Show simple item record

dc.contributor.authorAndini, Widya Arum Tri
dc.contributor.authorRejeki, Sri
dc.date.accessioned2018-07-17T06:25:18Z
dc.date.available2018-07-17T06:25:18Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAnwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. Budiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Surakarta: UNS Press. Chianson, M. M., O’kwu, Kurumeh, I. E., & Seraphina, M. (2015). Effect of Think-Pair-Share Strategy on secondary school mathematics students’ achievement and academic self-esteem in fractions. American International Journal, 2(2), 141-147. Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada siswa SMP Negeri 15 Lhokseumawe. Jurnal Didaktika Matematika, 1(1), 21-34. Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogjakarta: Penerbit Gava Media. Gurria, Angel. (2016). PISA 2015 Result in Focus. Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/ Heleni, S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 23 Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 41-51. Jihad, A. & Haris, A. (2010). Evaluasi pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Diakses dari https://kemenag.go.id Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konferensi Pers UN 2017 Jenjang SMP. Diakses dari https://kemdikbud.go.id/ Melyawati. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair- Share(TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung bentuk aljabar di SMP Negeri 13 Palu. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 03, No. 02, 210-219. Narzoles, D. T. G. 2012. Think-Pair-Share: Its Effect On The Academic Performance Of Esl. International Journal of Literature, Linguistics & Interdisciplinary Studies International Journal of Literature, Linguistic & Study Interdisipliner. Vol. 1. No. 3. pp. 22-26. NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Drive, Reston, VA: The NCTM Paridjo, & Waluya, B. (2017). Analysis mathematical communication skills students in the matter algebra based NCTM. IOSR Journal of Mathematics. Vol. 13,No. 1, 60-66. Pouravood, R. G., & Wachira, P. (2015). Importance of mathematical communication and discourse in secondary classrooms. Double blind peer reviewed international research journal, 15(10), 9-20. Pramugarini, D. Y., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2014). Eksperimen model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) ditinjau dari aktivitas belajar matematika. Jurnal elektronik Pembelajaran Matematika, 2(3), 250-259. Retnawati. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir. Yogjakarta: Parama Publishing. Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan : jenis, metode dan prosedur. Jakarta: Kencana Simanjuntak, M. (2015). Peningkatan kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa SMP pada materi transformasi dengan strategi Thnik- Talk-Write (TTW) berbantuan kartu domino. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-16. Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10191
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari dua strategi pembelajaran yang berbeda (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari komunikasi matematika (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi matematika pada hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari 79 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Sampel penelitian dipilih dengan cluster random sampling. Kelas pertama diberi perlakuan dengan strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas kedua diberi perlakuan menggunakan strategi Think Pair Share (TPS). Data dianalisis dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan tingkat signifikansi 5%. Kesimpulannya adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar matematika dilihat dari dua strategi pembelajaran yang berbeda, Two Stay Two Stray (TSTS) memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada Think Pair Share (TPS), (2) ada perbedaan antara hasil belajar matematika dilihat dari komunikasi matematika yang berbeda, siswa komunikasi matematika tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi, dibandingkan siswa dengan komunikasi sedang maupun rendah, (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titlePembelajaran Matematika dengan Strategi Two Stay Two Stray dan Think Pair Share Ditinjau dari Komunikasi Matematika Siswaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record